Temuan Megalitik dekat Sungai Lawo

0
202

Situs Cagar Budaya Lawo terletak di Kelurahan Ompo, Kecamatan Lalabata. Lawo adalah nama sungai, diambil dari sungai yang terletak bersebelahan dengan situs ini di lahan kebun dan pemukiman penduduk. Secara keseluruhan komponen batu megalit yang ditemukan di situs Lawo ini merupakan bongkahan batu yang tersebar di pinggir sungai. Kemungkinan, batuan tersebut diambil dari daerah sekitar sungai karena sebaran batu andesit serupa di sekitar sungai Lawo dan pemukiman penduduk. 

Salah satu temuan yang cukup menarik adalah sebuah bongkahan batu bergores/bergambar. Batu tersebut  memuat beberapa gambar berbentuk lingkaran. Setiap lingkaran memiliki garis-garis menyilang ditengahnya, menyerupai roda. Dari hasil identifikasi yang pernah dilakukan, secara keseluruhan ada 8 gambar lingkaran. Tinggalan megalit lainnya yang ditemukan diantaranya lumpang batu serta batu dakon yang tersebar di sekitar tepi sungai Lawo. 

*tulisan ini telah dipublikasikan pada Pameran Misteri Lembah Walennae, di Halaman Villa Yuliana, Kabupaten Soppeng, Agustus 2019

TINGGALKAN KOMENTAR