Situs Cagar Budaya (Fort Rotterdam) dijadikan tempat Pencanangan Hari Kebudayaan Kota Makassar

0
78

Fort Rotterdam sebagai salah satu situs cagar budaya yang yang dikelola Balai Pelestarian Cagar Budaya Sulawesi Selatan yang merupakan  icon Kota Makassar dijadikan tempat pelaksanaan kegiatan pencanangan hari kebudayaan.

Pemerintah Kota Makassar menetapkan hari kebudayaan  setiap tanggal 1 April sebagai bulan budaya yang akan diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bernilai budaya.

Walikota Makassar Dani Pomanto juga berharap melalui pencanangan hari kebudayaan ini, akan membuat budaya-budaya di kota Makassar semakin dikenal masyarakat Indonesia maupun dunia.

Pencanangan diramaikan dengan iring-iringan karnaval budaya di Benteng Rotterdam Kota Makassar. Ratusan siswa-siswi terlihat menggunakan pakaian adat tradisonal sambil menari dan bernyanyi, tak ketinggalan permainan tradisional paraga, gendang memeriahkan acara ini.

Pencanangan hari kebudayaan ini juga sebagai upaya pemerintah melestarikan budaya yang ada di Sulawesi Selatan termasuk budaya di Indonesia sehingga tak ketinggalan aktraksi tari, silat hingga atraksi topeng  dari berbagai daerah,  turut memeriahkan karnaval budaya di Makassar  seperti Bali, Madura, Jawa Timur, dan lain-lain.

 

Penulis: Jamaluddin

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR