106 Tahun Lembaga Purbakala di Indonesia

0
156

Makassar, 14 Juni 2019 – Upacara Bendera Memperingati Hari Purbakala ke 106 dilaksanakan di Benteng Ujungpandang oleh Pegawai dan Juru Pelihara Balai Pelestarian Cagar Budaya Sulawesi Selatan. Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Sulawesi Selatan, Laode Muhammad Aksa, selaku pembina upacara membacakan sambutan dari Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman.


Beliau membacakan sambutan diawali dengan penjelasan perjalanan panjang berdirinya Lembaga Purbakala di Indonesia dengan visi Pelindungan Peninggalan Purbakala. Kini kemudian berkembang pelestarian sebagai upaya dinamis untuk mempertahankan Cagar Budaya yaitu Pelindungan, Pengembangan dan Pemanfaatan.
Beliau juga menyampaikan tema Hari Purbakala ke 106 ini yaitu Jalinan Kebhinekan Cagar Budaya sebagai Identitas Bangsa. Tema ini diusung sebagai representasi Cagar Budaya dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan nasional dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan falsafah Pancasila. Cagar Budaya memiliki peran penting untuk mempuk jati diri bangsa di tengah peradaban dunia.

Pelestarian Cagar Budaya diharapkan agar dapat lebih fokus dan efisien sesuai dengan Undang-Undang no 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya dan Undang-Undang no 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman melalui sambutannya berharap agar Hari Purbakala ke 106 tidak hanya seremonial tetapi juga momentum untuk berbenah diri agar Cagar Budaya dapat dirasakan manfaatnya di tengah masyarakat. Di akhir sambutan, beliau menyampaikan harapan agar tinggalan purbakala melalui Cagar Budaya dapat memberikan kontribusi yang besar daam pembangunan.

Selamat Hari Purbakala Indonesia ke 106. Jayalah terus Cagar Budaya Indonesia!

TINGGALKAN KOMENTAR