Kepala BPCB Bali (I Wayan Muliarsa) Di Undang Sebagai Narasumber Seminar di IKIP PGRI Bali

0
913

Prodi Pendidikan Sejarah IKIP PGRI Bali menyelenggarakan seminar yang bertemakan Museum Sebagai Destinasi Wisata Sejarah dan Sarana Pendidikan ang dilaksanakan di Aula IKIP PGRI Bali. Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Bapak I Wayan Muliarsa selaku Kepala Pimpinan Balai Pelestarian Cagar Budaya Bali menyampaikan tentang pentingnya museum di suatu daerah karena menjadi pintu masuk wisatawan untuk mengetahui kebudayaan yang terdapat di suatu daerah tersebut.

Pemerintah telah menerbitkan PP Nomor 66 Tahun 2015 Tentang Museum dan dijabarkan tugas dari museum adalah pengkajian, pendidikan, dan kesenangan. Kenyataannya menunjukkan bahwa minat dan perhatian masyarakat tentang museum amatlah kecil. Kunjungan ke museum harus diperkenalkan kepada semua kalangan terutama generasi muda, dimulai dari tingkat yang terendah hingga perguruan tinggi.

Kedepannya museum tidak hanya sebagai tempat koleksi warisan budaya tetapi juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai daya tarik wisata yan dapat meningkatkan pendapatan daerah serta sebagai sarana pendidikan khususnya bidang kebudayaan.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR