Sangiran Pilar Budaya Dunia Menjadi Tontonan Menarik Di IKIP PGRI Bali, Denpasar

0
807

Setelah mengikut seminar Museum Sebagai Destinasi Wisata Sejarah dan Sarana Pendidikan yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Sejarah IKIP PGRI Bali, dimana narasumbernya adalah Bapak I Wayan Muliarsa (Kepala Pimpinan Balai Pelestarian Cagar Budaya Bali) dilanjutkan dengan nonton bareng bioskop keliling di halaman depan Universitas IKIP PGRI Bali. Sangiran Pilar Budaya Dunia menjadi film yang ditampilkan oleh team Bioling (Bioskop Keliling) BPCB Bali yang diketuai oleh I Gusti Agung Gede Artanegara dan rekan.

Antusias mahasiswa saat menikmati tiap adegan dalam film dokumenter terlihat dalam raut matanya. Film dokumenter tersebut berdurasi kurang lebih 45 menit, film yang berkisah tentang keberadaan temuan fosil atau balung buto dan artifak lainnya di desa Sangiran menjadikan titik awal cerita peradaban manusia di tanah jawa. Menurut para ilmuwan di desa Sangiran merupakan salah satu situs penting untuk mempelajari fosil manusia. Di desa inilah dibangun Museum Manusia Purba Sangiran yang merupakan salah satu UPT dari Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pada sesi akhir nonton bareng adalah sesi tanya jawab yang berhadiah flash disk, dimana pertanyaan terdapat 5 pertanyaan yang telah dipersiapkan oleh tim bioling yang dimana pertanyaannya terkait dengan film yang telah disaksikan bersama.

TINGGALKAN KOMENTAR