Sunan Giri Kedaton

0
2031

Sunan Giri Kedaton terletak di Dusun Kedaton, Desa Sido Mukti, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik. Batas Utara dan Selatan berbatasan dengan Pemakaman Umum, batas Timur dan Barat berbatasan dengan Perkampungan. letak Sunan Giri Kedaton terletak pada titik koordinat, pada 07°10’22.5” LS dan 112°37’59.3” BT dengan ketinggian ± 77 meter di atas permukaan laut dan orientasi pintu masuk lokasi berada di sebelah timur. Terdapat 1 (Satu) Juru Pelihara yang ditugaskan oleh BPCB Mojokerto untuk menjaga situs.

Situs Giri Kedaton adalah sebuah bukit yang dibuat berteras-teras atau berundak-undak, semakin ke atas semakin mengecil. Untuk sementara ditemukan lima teras / undakan. Antara teras satu dengan teras lainnya ditandai struktur dinding teras yang bentuknya seperti kaki dan tubuh candi. Kaki struktur polos, sedangkan tubuh struktur bermotif hias pelipit-pelipit datar, bingkai cermin, dan bidang persegi panjang.

Dalam Babad Gresik (BHG) disebutkan Raden Paku mendirikan “kedaton tundo pitu” yaitu bangunan istana bertingkat tujuh di atas sebuah bukit yang dikenal bernama Giri Kedaton. Peristiwa pembangunan kedaton ini ditandai dengan candra sengkala yang berbunyi sumedya resik her wulu, yag menunjukkan angka tahun 1408 Saka atau 1486 Masehi. Situs Giri Kedaton pada saat itu berfungsi sebagai pusat pemerintahan maupun penyebaran agama Islam.(un)

Sumber: Laporan Pemantauan Juru Pelihara dan Situs di Kabupaten Madiun, Ponorogo dan Pacitan.