Situs Lantai Segienam

0
249

Situs Lantai Segienam terletak di Dusun Kedaton, Desa Sentonorejo, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Situs ini juga dikenal dengan nama Situs Pemukiman Sentonorejo, bentuk tinggalannya berupa hamparan ubin (lantai) dan sisa dinding bangunan. Struktur lantai kuno tersebut berada  ± 1,80 m di bawah permukaan tanah sekitarnya dan berorientasi ke Barat-Timur. Lantai segi enam ini berada dalam kotak galian berukuran 7,50 x 4,75 m² dan diberi atap pelindung.

Hal menarik dari tinggalan lantai kuno ini, ubinnya berpenampang segi enam, lebar tiap sisi 6 cm dan tebal rata-rata 4 cm, bahannya terbuat dari tanah liat bakar. Temuan lantai serupa berjarak  ± 500 m dari tempat ini. Jumlah ubin yang masih tersisa 104 buah, sebagian tersimpan di Museum Trowulan. Adapun pengikat antara bata satu dengan lainnya digunakan perekat tanah liat. Dinding bangunan merupakan susunan bata berukuran panjang 30 cm, lebar 20 cm dan tebal 5 cm. Diperkirakan sisa lantai dan dinding di Situs Lantai Segienam merupakan pemukiman kuno  yang bersifat profan yaitu berupa rumah tinggal pada masa Majapahit. Area Situs Lantai Segienam dan sekitarnya yang pernah diteliti Puslit Arkenas ini merupakan satu kesatuan dari sebuah kompleks hunian.

Upaya pelestarian yang dilakukan terhadap Situs Lantai Segienam adalah dengan melakukan pencatatan melalui kegiatan inventarisasi, kegiatan pemugaran, kegiatan konservasi secara berkala, dan menempatkan juru pelihara. (Deasy,Unit Pubdok, BPK.XI)