Kegiatan Pemetaan dan Penggambaran Situs Saluran Air Nglinguk I dan Petirtaan Tegalan

0
1160

Tujuan dari kegiatan pemetaan dan penggambaran Situs Saluran Air Nglinguk I dan Petirtaan Tegalan adalah untuk melengkapi data registrasi yang telah ada. Kecuali itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperoleh data yang akurat sebagai acuan untuk menentukan langkah kebijakan dalam rangka pelestarian situs tersebut. Pemetaan dan penggambaran juga merupakan bentuk pelestarian data cagar budaya dalam bentuk gambar (dokumen), sehingga apabila ada kerusakan pada cagar budaya sudah ada gambar yang dapat dijadikan referensi atau dasar untuk kegiatan pelestarian selanjutnya.

  1. Survei permukaan dilaksanakan di lokasi situs Saluran Air Nglinguk I dan Petirtaan Tegalan serta di lingkungan sekitar situs. Survei permukaan dilakukan untuk mencari data struktural situs, data lingkungan situs, dan gejala-gejala kekunaan lain yang mungkin ditemukan di sekitar situs. Survei permukaan dilakukan dengan pengamatan situs dan lingkungannya. Survei struktural situs dilaksanakan untuk mendapatkan data struktur situs yang akan digunakan sebagai dasar dalam menentukan strategi penggambaran situs. Survei lingkungan situs dilaksanakan untuk mendapatkan data topografi lahan, vegetasi, dan gejala-gejala kekunaan yang mungkin ada di sekitar situs. Data tersebut digunakan sebagai dasar dalam pemetaan lingkungan situs dan mungkin dapat membantu dalam interpretasi situs. Dalam survei permukaan ditemukan beberapa gejala yang berkaitan dengan kekunaan situs. Temuan tersebut berupa: Fragmen keramik, Fragmen gerabah, Terowongan saluran air.
  2. Kegiatan pemetaan dilaksanakan langsung di lapangan dengan menggunakan alat ukur pesawat Theodolit. Hasil yang dicapai dalam melaksanakan kegiatan pemetaan situs Saluran Air Nglinguk I dan lingkungan sekitarnya adalah seluas 1.307.043 m2 (130,7043 Ha). Target yang direncanakan seluas 12 Ha, dengan hasil seluas 130,7043 Ha, maka hasil yang dicapai telah melebihi target yang direncanakan. Hasil pemetaan tersebut akan dibuat peta yang digambar di atas kertas kalkir dengan skala 1:2000.
  1. Penggambaran Situs Saluran Air Nglinguk adalah untuk mendapatkan gambaran tentang desain struktur maupun arsitektural sisa-sisa bangunan yang masih ada dalam bentuk gambar denah, tampak dan potongan. Gambar tersebut didapat dari hasil pengukuran secara langsung di lapangan yang dituangkan di atas kertas milimeter dengan skala 1 : 20. Kemudian gambar tersebut disempurnakan di kantor dalam bentuk kertas kalkir. Hasil kegiatan penggambaran data situs Saluran Air Nglinguk I dan situs Petirtaan Tegalan yang dihasilkan semuanya berjumlah 120,55 m2. Adapun target yang direncanakan sebasar 96 m2, sehingga hasil yang dicapai telah melebihi target yang direncanakan.
  2. Pemotretan adalah kegiatan merekam data dalam bentuk foto tentang kondisi dan bentuk kekunaan. Dalam kaitan kegiatan pemetaan dan penggambaran, hasil pemotretan untuk melengkapi atau memperjelas gambar hasil pemetaan dan penggambaran agar lebih dapat dipahami bentuk-bentuk arsitektural kekunaan tersebut. Pemotretan dilakukan dengan menggunakan kamera digital bertujuan untuk merekam data dan merekam kegiatan pemetaan dan penggambaran.
    Kegiatan pemetaan lingkungan 1

    Kegiatan penggambaran

 (Lap. Pemetaan dan Penggambaran Situs Petirtaan Nglinguk, 2017)