Candi Kotes, Blitar

0
823

Candi Kotes lokasinya terletak di Desa Kotes, Kecamatan Gundusari, Kabupaten Blitar, Propinsi Jawa Timur. Candi Kotes dibangun dengan material Batu Andesit yang memiliki ukuran Panjang 3,67 m, Lebar 2,27 m, Tinggi 1,67 m. Sedangkan candi II berukuran Panjang 7,20 m, Lebar 6 m, Tinggi 9 m.

Candi ini memiliki dua buah bangunan, ukuran besar dan kecil. Candi yang lebih besar hanya tersisa bagian baturnya/kaki yang terletak dibagian bangunan yang lebih kecil. Dibagian atas terdapat beberapa lambang bekas tiang dan umpak batu, pada bagian kiri tangannya, terdapat pahatan angka 1222 ( 1300 M).
Candi kecil di bagian atasnya terdapat tiga bangunan kecil ( miniature) berderet dari utara ke selatan. Dua buah miniatur sebelah utara dan tengah berbentuk pentas persajian (Altar), sebelah selatan berbentuk candi. Pada altar sebelah utara terdapat angka tahun 1223 (1301 M).
Candi Kotes merupakan peninggalan zaman Majapahit khususnya pada masa pemerintahan raja Kerta Rejasa Jayawardhana (Raden Wijaya). (un)

Sumber : Perpustakaan BPCB JATIM, K 070,930.