Beranda Cagar Budaya Artikel Sisi Lain Situs Orang Kayo Hitam

Sisi Lain Situs Orang Kayo Hitam

0
Sisi Lain Situs Orang Kayo Hitam

Jangan mengaku orang Jambi tetapi tidak tahu dan siapa Orang Kayo Hitam. Masyarakat Jambi pasti tidak asing lagi dengan nama tokoh yang sangat melegenda di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah. Tokoh yang dikenal sebagai penyebar ajaran Islam dan meletakan nilai-nilai Islam dalam membentuk sebuah kerajaan.

ririfahlen/bpcbjambi
Makam Orang Kayo Hitam

Keberadaan sosok ini terus dikenang dan dihormati masyarakat dengan cara menziarahi makam Orang Kayo Hitam yang berada di daerah Desa Simpang, Kecamatan Berbak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi. Keramat makam Orang Kayo Hitam, demikian masyarakat sekitar menyebutnya. Situs ini ramai dikunjungi pada saat hari-hari besar Islam dan pada upacara melepas khaul.

Para peziarah dan pengunjung yang datang ke situs ini hanya tertarik dengan keberadaan Makam Orang Kayo Hitam. Pada hal tidak jauh dari lokasi makam juga terdapat tinggalan cagar budaya lainnya berupa sturuktur bangunan candi. Hal ini bisa dilihat pada saat tingginya kunjungan ke situs ini, animo para pengunjung lebih banyak berada di lokasi Makam Orang Kayo Hitam dibanding dengan situs candi yang ada.

ririfahlen/bpcbjambi
Candi 1
ririfahlen/bpcbjambi
candi 2

Kurangnya minat para peziarah untuk melihat dan mengunjungi Situs Candi 1 dan Candi 2, yang tidak jauh dari lokasi Situs Makam Orang Kayo Hitam. DiperkirakanĀ  latar belakang yang menyebabkan hal ini terjadi karena motivasi mereka datang hanya untuk berziarah ke makam Orang Kayo Hitam. Selain Tinggalan Candi 1 dan Candi 2, potensi arkeologi lain yang terdapat di Komplek Situs Orang Kayo Hitam adalah ditemukannya Kepala Arca Singa dan artefak keramik.

ririfahlen/bpcbjambi