Rumah Kavilasi BTW

0
472

Rumah ini dulunya merupakan rumah kedap suara dan di sekeliling rumah merupakan lahan resap air yang dialirkan ke bagian belakang rumah menuju sumur. Rumah tinggal yang luas dengan satu bangunan induk, dan dua paviliun. Satu pavuliun di bagian kiri bangunan induk dan satu di bagian belakang. Terdapat satu kolam renang di dalam bangunan induk dan satu sumur untuk sumber air. Paviliun belakang terdiri dari 8 ruang termasuk ruang dapur, pantry dan toilet. Pada atap, terdapat penangkal petir sebagai ciri khas rumah berarsitektur Eropa pada masa itu.

Pada awal didirikan, bangunan ini merupakan rumah kavilasi BTW (Bangka Tin Winning). Setelah adanya nasionalisasi Pemerintah Belanda ke Pemerintah Indonesia, rumah ini menjadi perumahan karyawan PT. Timah. Kemudian, rumah ini diperjualbelikan hingga ke pemilik yang sekarang.

Bangunan yang didirikan dengan latar budaya eropa ini berada di area seluas 9000 m2. Di atas lahan tersebut berdiri beberapa bangunan pendukung selain bangunan induk. Luas bangunan tersebut antara lain : Bangunan induk: 17 x 33 m, paviliun samping: 10 x 4 m, paviliun belakang: 30 x 5 m .

Rumah Kavilasi berada di jalan Sudirman Dusun Kampung Baru, Desa Sungai Daeng, Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat. Dalam kegiatan registrasi yang dilaksanakan tim registrasi kelompok kerja dokumentasi Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi pada tahun 2010, bangunan rumah ini diregister sebagai rumah Kavilasi 1 dengan nomor registrasi : REG.BBL/BKB/29/2010. Secara Astronomis Rumah Kavilasi berada pada koordinat 02° 03 48.0 LS, 105° 09 54.6 BT.