Pelukis Abstrak Senior Indonesia Sulebar M. Soekarman Berpulang

0
388
Sulebar M. Soekarman

22 Mei 2022, seniman Indonesia Sulebar M. Soekarman meninggal dunia pada usia 78 tahun. Sulebar M. Soekarman merupakan salah seorang pelukis abstrak senior di Indonesia. Bersama istrinya, Nunung W. S., keduanya menjadi pasangan yang giat menggerakan seni abstrak di tanah air.

Lahir di Bandung pada 23 Juli 1943, Sulebar sempat mengemban pendidikan di dua kampus yakni Universitas Gajah Mada, Fakultas Pertanian dan Kehutanan serta Fakultas Teknologi Pertanian. Setelah lulus dari UGM di tahun 1967, ia kemudian berkuliah di Jurusan Seni Murni Akademi Seni Rupa LPKJ, atau yang sekarang dikenal sebagai Institut Kesenian Jakarta sebagai angkatan pertama. Pada tahun 1973, sebagai seniman muda pilihan Dewan Kesenian Jakarta, Sulebar mendapat beasiswa/undangan dari Pemerintah Belanda untuk studi perbandingan di Akademi Seni Rupa dan Studio Lantern di Rotterdam. Setelah kembali dari Belanda, Sulebar sempat menjadi dosen di IKJ dan terlibat di Dewan Kesenian Jakarta sebagai salah satu direkturnya.

Sulebar memulai debut berkeseniannya pada tahun 70-an, kemudian ia aktif mengikuti berbagai pameran, di antaranya “PAN PACIFIC” di Seoul, Korea Selatan (1985), Modern Indonesia Art (KIAS) di Amerika Serikat (1990-1992), Pameran Tunggal di PKJ-TIM, Jakarta (1996), Pameran Seni Lukis Abstrak Bersama “Manifesto Abstrak Jakarta” di PKJ-TIM, Jakarta (2005), Pameran Lukisan Abstrak “Soulscape in Progress #2” di Galeri Nasional Indonesia (2015), dan Pameran Seni Rupa “9 Ruang Abstrak” di Galeri Nasional Indonesia (2017).

Sulebar

Selamat jalan, Pak Sulebar…