Siaran Pers Pajang Karya KamiSketsa GalNas: “Konsistensi Tarik Garis Bambang Harsono”

0
157
Poster Pajang Karya KamiSketsa GalNas #4

Pajang Karya KamiSketsa GalNas putaran ke-4 akan digelar pada 7-28 Juli 2022 di Bilik KamiSketsa Galeri Nasional Indonesia. Dikuratori Teguh Margono dan Zamrud Setya Negara, Pajang Karya ini menghadirkan karya-karya pegiat sketsa sekaligus salah satu peserta KamiSketsa GalNas, Bambang Harsono.

Pajang Karya ini menampilkan lima belas sketsa pilihan dari sketsa-sketsa yang dibuat Bambang dengan referensi objek dari visual situasi atau dinamika ruang pada video-video blogger di YouTube. Sketsa-sketsa hitam putih tersebut menggambarkan suasana keseharian di berbagai tempat yang menghimpun berbagai elemen interaktif manusia dengan lingkungannya; seperti manusia, pohon, binatang, gedung, kendaraan, dan sebagainya.

“Hanya dengan menggunakan spidol, garis-garis yang dibuat Bambang mampu membentuk karakter medium, kedalaman ruang, keriuhan suasana, dan juga kompleksitas objek yang direkamnya,” kata Teguh. Menurut Zamrud, teknik, persepsi, serta prinsip-prinsip dasar sketsa tertata dengan sangat apik dalam karya-karya Bambang. “Garis dan sekali tarikannya menjadi kekuatan utama yang sangat mendominasi pada visual sketsa-sketsanya. Tarikan garisnya spontan dan dinamis. Ritme detail dan komposisi tersusun dengan sangat berirama,” ungkap Zamrud. Selain detail, Bambang juga menyematkan ruang kosong. “Detail dan ruang kosong menjadi komposisi dan ruang imajinasi penikmat sketsa,” ujar Bambang.

Kepala Galeri Nasional Indonesia, Pustanto, berharap karya-karya sketsa Bambang dapat menjadi media untuk mempelajari sketsa lebih dalam. “Inti dari sketsa adalah garis, dan Bambang mampu menonjolkan garis-garis itu menjadi sketsa yang menghidupkan suasana objek,” kata Pustanto. Lebih lanjut, Pustanto berharap publik yang mengapresiasi Pajang Karya KamiSketsa GalNas ini dapat lebih tertarik dengan sketsa, atau bahkan juga tertarik untuk menekuni sketsa dengan lebih profesional dan menjadi bagian dari para penggiat sketsa Indonesia.

Pajang Karya KamiSketsa GalNas: “Konsistensi Tarik Garis Bambang Harsono” dilengkapi dengan program publik berupa WorkshopMenangkap Impresi Penumpang Kereta pada 21 Juli 2022 pukul 10.00 WIB di Bilik KamiSketsa GalNas. Workshop ini akan dipandu langsung oleh Bambang Harsono. Publik yang tertarik untuk mengunjungi Pajang Karya KamiSketsa GalNas: “Konsistensi Tarik Garis Bambang Harsono” maupun Workshop “Menangkap Impresi Penumpang Kereta” bisa melakukan registrasi terlebih dulu melalui tautan link https://linktr.ee/galnas

Tentang KamiSketsa GalNas

KamiSketsa GalNas merupakan sebuah program bimbingan edukasi yang dikemas dalam bentuk workshop, yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia sejak 12 Oktober 2017 bertepatan dengan Hari Nasional Museum Indonesia. Sebelum pandemi Covid-19, workshop KamiSketsa GalNas dilaksanakan setiap hari Kamis mulai pukul 09.00–15.00 WIB di Galeri Nasional Indonesia. Selama pandemi Covid-19,kegiatan KamiSketsa GalNas dilaksanakan melalui media daring.

Dalam perkembangannya, Program KamiSketsa GalNas disajikan dalam beberapa variasi kegiatan, di antaranya: 1) pendalaman materi tentang sketsa dengan mendatangkan narasumber yang kompeten di bidang sketsa, baik luring di Galeri Nasional Indonesia maupun daring melalui Zoom, 2) sketsa on the spot yang mengajak para peserta berkunjung secara luring dan menggambar sketsa di tempat-tempat bersejarah, sekaligus mendapatkan pemanduan tentang sejarah atau kisah mengenai tempat bersejarah yang sedang dikunjungi, 3) sharing antarpeserta tentang sketsa, baik luring di Bilik KamiSketsa GalNas maupun daring melalui Zoom, 4) sketsa bersama yang membebaskan peserta untuk mengasah kemampuan menggambar skesta sekaligus bereksplorasi memilih objek, media, dan teknik, 5) virtual sketch melalui Zoom, dan 6) tantangan sketsa dengan tema tertentu melalui Instagram.

Kini pada tahun 2022, KamiSketsa GalNas dikembangkan variasi kegiatannya dengan menggelar Pajang Karya. Kegiatan Pajang Karya KamiSketsa GalNas dirancang untuk dilaksanakan beberapa kali secara berkala pada tahun 2022. Kegiatan ini merupakan tahapan lanjutan dari Program KamiSketsa GalNas yang telah dilaksanakan. Pajang Karya KamiSketsa GalNas yang pertama bertajuk “Gores Hitam Putih Iwan Widodo” pada 24 Maret-14 April 2022, kedua “Gestur dan Ruang”pada 21 April-26 Mei 2022 dengan menampilkan karya-karya Kedsu (Usdeki) dan Cak Likin (Moch. Solihin), serta ketiga “Rekonstruksi Kontrol Motorik” pada 2-23 Juni 2022 dengan menampilkan karya-karya Anjar Oki Wibowo dan Annissa Fadillah. Sebelumnya, KamiSketsa GalNas berada pada tataran mengenal, mengetahui, mengembangkan wawasan dengan berdiskusi, dan terlibat langsung dalam proses kreatif menciptakan suatu karya seni atau praktik membuat sketsa. Pada Pajang Karya KamiSketsa GalNas ini, para peserta KamiSketsa GalNas diajak untuk meng-upgrade pengetahuan dan informasi tentang penyajian karya-karya sketsa dengan cara terlibat langsung dalam menyiapkan dan mempresentasikan karya sketsa mereka untuk dapat diapresiasi oleh publik. Dengan adanya pengembangan KamiSketsa GalNas dalam bentuk pajang karya, para peserta KamiSketsa GalNas semakin tertantang untuk meningkatkan kreativitas, baik dalam hal menciptakan karya seni khususnya sketsa, maupun proses dan manajerial untuk mempresentasikan karyanya secara layak ke hadapan publik.