View Galnas _Alternatif 4

Galeri Nasional Indonesia (GNI) merupakan unit pelaksana teknis di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang berada di bawah Direktorat Jenderal Kebudayaan. Institusi ini berdiri pada 1998 dan diresmikan operasionalnya pada tanggal 8 Mei 1999 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang kala itu menjabat, Yuwono Sudharsono. Gedung Galeri Nasional Indonesia yang berciri khas arsitektural kolonial Belanda ini terletak di Koningsplein Cost No.14 (sekarang Jalan Medan Merdeka Timur No.14 Jakarta Pusat).

GNI melaksanakan pengkajian, pengumpulan, registrasi, perawatan, pengamanan, pameran dan publikasi karya seni rupa berupa lukisan, sketsa, grafis, patung, keramik, desain grafis, ilustrasi, fotografi, seni kriya, seni instalasi, dan media alternatif lainnya. Karya seni rupa yang menjadi koleksi GNI/koleksi Negara jumlahnya lebih dari 1.800 karya seniman Indonesia dan mancanegara, yang terdiri dalam berbagai ekspresi, bentuk, media, teknik dan latar belakang seniman serta keunggulan karyanya. Koleksi-koleksi GNI tersebut sebagian dipamerkan secara periodik, baik pada pameran tetap (permanent exhibitions), pameran temporer (temporary exhibitions) maupun pameran keliling (travelling exhibitions).

Sebagai Pusat Kegiatan Seni Rupa (Art Centre/Exhibition Centre), GNI berperan meningkatkan apresiasi masyarakat di bidang seni rupa serta mewadahi potensi seniman untuk menggelar karya-karya dengan prinsip kurasi dan manajemen pameran yang baik. Menjadi semacam barometer mutu perkembangan seni rupa Indonesia mutakhir sekaligus berfungsi menjadi fasilitator bagi para perupa Indonesia dalam hubungan Internasional. Lebih khusus lagi memiliki peran menumbuhkan pemahaman, penalaran, kreativitas dan inovasi, serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa.

Informasi lebih lanjut:
Website      :  galeri-nasional.or.id
Instagram   :  @galerinasional
Twitter        :  @galerinasional_
Facebook    :  Galeri Nasional Indonesia
YouTube     :  Galeri Nasional Indonesia
Email          :  galeri.nasional@kemdikbud.go.id