Mella Jaarsma Menyuarakan Problem Gender dalam The Fire Eaters

0
572
Mella Jaarsma - The Fire Eaters

Galeri Nasional Indonesia memiliki Pameran Tetap Koleksi Galeri Nasional Indonesia yang memamerkan sejumlah karya penting yang juga merupakan koleksi negara. Sebagai museum/galeri seni rupa modern dan kontemporer, Galeri Nasional Indonesia melalui Pameran Tetap menyajikan karya-karya seni rupa yang menandai setiap era mulai tahun 1800-an hingga sekarang. Untuk mengapresiasi karya-karya tersebut tidak harus datang ke ruang pameran, karena kini detail setiap karya disajikan melalui media daring.

Seperti pada karya Mella Jaarsma berjudul “The Fire Eaters”. Karya ini dibuat tahun 2011 dengan media emblem bordir, ber glass, besi, dan bambu. Ukuran karya instalasi ini cukup besar yaitu 150 x 120 x 200 sentimeter.

Melalui karya ini Mella ingin mengungkapkan tentang kekuatan fisik dalam perilaku manusia yang tidak dapat dibendung, yakni hasrat untuk bertarung, sekaligus upaya-upaya untuk menjaga keseimbangan. Material berbagai emblem (merek dagang) yang dibordir, terutama yang berasal dari jenis obat-obatan herbal lokal untuk potensi pria (biasa disebut obat kuat), dapat dilihat sebagai persoalan gender. Berbagai merek obat kuat tersebut mengukuhkan problem gender pada umumnya, yakni dominasi maskulinitas, pria dikonstruksikan harus kuat. Proses membordir emblem-emblem merek obat kuat ini dapat dibaca sebagai upaya Mella dalam melancarkan kritik pada dominasi laki-laki, terutama aspek konstruksi dalam masyarakat.⁣