Bentuk Realistik Potret Diri Soenarto Pr

0
1434
Soenarto Pr Potret Diri
Soenarto Pr (1931 - 2018), “Potret Diri”, 1957, pastel pada kertas, 50 x 35 cm.

Sejumlah karya penting koleksi Galeri Nasional Indonesia yang juga merupakan koleksi negara dipamerkan dalam Pameran Tetap Koleksi Galeri Nasional Indonesia. Karya-karya tersebut ditata berdasarkan periodisasi perkembangan sejarah seni rupa modern dan kontemporer Indonesia, mulai era 1800-an hingga sekarang. Dalam karya-karya dalam Pameran Tetap itu, selain tersimpan nilai sejarah yang terkait dengan berbagai hal, mulai dari kondisi sosial, budaya, ekonomi, politik, dan sebagainya, juga menunjukkan ciri ekspresi seni seorang seniman.

Salah satunya adalah karya Soenarto Pr berjudul “Potret Diri”. Karya ini menunjukkan ciri khasnya sebagai seniman yang telah menghasilkan sekian banyak lukisan yang mengungkap wajah manusia. Dengan menggunakan media pastel pada kertas berukuran 50 x 35 sentimeter, karya yang dibuat tahun 1957 ini menampilkan bentuk-bentuk realistik potret dirinya semasa muda dengan goresan pastel halus dan tegas.

Soenarto Pr yang pernah menjadi ketua Sanggar Bambu di Yogyakarta ini, seringkali menggambar menggunakan model. Ia piawai menangkap ekspresi wajah serta menghadirkan karakter model secara kuat, yaitu melalui garis, warna, dan komposisi.