Dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pelayanan publik sesuai dengan asa penyelenggaraan pemerintahan yang baik, dan guna mewujudkan kepastian hak dan kewajiban berbagai pihak dalam penyelenggaraan pelayanan, setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menetapkan Standar Pelayanan.
Berdasarkan Peraturan Menteri PANRB Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan, standar pelayanan menjadi tolak ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat/stakeholder dalan rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau dan terukur.
Sehubungan dengan hal tersebut, Direktorat Pelindungan Kebudayaan menetapkan Standar Pelayanan dan Maklumat Standar Pelayanan Direktorat Pelindungan Kebudayaan Tahun 2020.