Oleh: Ivan Efendi
Museum Situs Batujaya
Banyaknya penelitian yang telah dilakukan di Situs Batujaya menghasilkan temuan yang sangat banyak. Temuan yang banyak itu melahirkan masalah pelestarian dan konservasi. Temua hasil penelitian itu juga tersebar di berbagai tempat/instansi. Sampai saat ini belum ada akses data bagi banyak orang/instansi yang ingin mendapatkan informasi yang komprehensif dan mutakhir mengenai situs Batujaya. Hal itu mendorong perlunya suatu ruang informasi publik, yang di dalamnya ada edukasi melalui tata pamer. Tata pamer itu dikreasi oleh suatu lembaga yang disebut museum, dan dibangun di dekat lokasi situs. Maka dari itu perlu suatu pengembangan Museum Situs Batujaya yang memiliki lembaga tetap, didirikan di lingkungan situs purbakala, untuk memamerkan dan memublikasikan serta meningkatkan pemahaman terhadap koleksi/situs, bersifat nonprofit, terbuka untuk umum, menitikberatkan untuk kepentingan penelitian, pendidikan, dan rekreasi serta harus memberdayakan masyarakat sekitar.
Penelitian yang dilakukan di Situs Batujaya sebagian besar merupakan penelitian arkeologi, geologi, atau paleo-ekologi, yang telah dilakukan sejak kali pertama ditemukan pada 1984. Padahal di situs ini telah dibangun Gedung Penyelamatan Situs Batujaya yang dibangun sejak 2002 hingga 2004. Penataannya juga berlangsung selama dua tahun, yaitu dari 2005 sampai 2006. Kemudian dikembangkan sebagai museum, walaupun masih dalam standard minimal. Maka dari itu, perlu pengembangan Museum Situs Batujaya yang sesuai dengan Museologi Baru.
Lalu bagaimanakah pengembangan Museum Situs Batujaya yang ideal menurut pandangan museologi baru dan sesuai dengan kondisi sejarah, sosial budaya masyarakat, serta geografis Karawang? Sebenarnya museum Situs Batujaya telah memenuhi rumusan tentang museum situs yang dibuat oleh ICOM, yaitu:
- Museum Situs Batujaya merupakan bangunan yang didirikan untuk melindungi tinggalan alam dan budaya yang bergerak atau pun tidak bergerak di lokasi yang secara ekologis belum mengalami perubahan oleh manusia dan in situ. Museum Situs Batujaya hendaknya dapat menjadi lembaga yang dapat melindungi tinggalan budaya hasil penelitian di Situs Batujaya, baik yang bergerak maupun bangunan candi yang in situ.
- Museum Situs Batujaya merupakan bangunan yang dibangun di Situs Batujaya untuk melindungi adat istiadat dan cara hidup suatu komunitas di tempat aslinya. Museum Situs Batujaya harus dibangun di lokasi asli atau di dalam Situs Batujaya untuk melindungi tinggalan arkeologi di kawasan tersebut.
- Museum Situs Batujaya merupakan bangunan yang dibangun di Situs Batujaya sebagai lokasi asli yang ditempat itu pernah terjadi peristiwa prasejarah dan sejarah yang penting. Berdasarkan temuan sejumlah prasasti diketahui bahwa sekitar abad ke-5 Masehi telah berdiri kerajaan yang bersifat hinduistik, yakni Tārumānagara/Tārumā-nagara atau Kerajaan Tārumā.
- Museum Situs Batujaya merupakan bangunan yang dibangun di suatu Situs Batujaya yang pada bebarapa situs telah dilakukan penggalian arkeologi.
Dalam kategori yang disebut three basic sub categories oleh Moolman, Museum Situs Batujaya termasuk ke dalam visual site museum, yang menekankan pada keberadan situs yang mutlak harus terlihat. Oleh karena mengandung beberapa unsur di antaranya adalah sejarah yang khusus, budaya yang signifikan, situs arkeologi. Sejarah yang khusus mengacu pada lahir dan berkembangnya Tārumā-nagara; Budaya yang signifikan mengacu pada kebudayaan yang terbentuk karena adanya pengaruh dari luar (India), dan melahirkan Budaya Hindu-Buddha; dan situs arkeologi adalah tinggalan purbakala dari masa Tārumā-nagara yang bercorak Hindu-Buddha.
Selain itu, Museum Situs Batujaya juga telah memenuhi kriteria museum situs, yaitu:
- Museum Situs Batujaya adalah suatu bangunan yang didirikan di atas situs yang berfungsi untuk melindungi tinggalan alam dan budaya beregerak dan tidak bergerak beserta lingkungan situs aslinya yang merupakan kawasan bersejarah.
- Bangunan Museum Situs Batujaya harus didirikan di atas situs atau bisa di lokasi lain yang berdekatan dengan situs asli agar terdapat keterkaitan antar koleksi dengan situsnya. Ditekankan bahwa lokasi museum situs harus memenuhi kriteria tertentu terkait ekologi, etnografi, sejarah dan arkeologi
- Koleksi yang dipamerkan di Museum Situs Batujaya ada dua jenis, yaitu koleksi yang berada di dalam bangunan Museum Situs Batujaya, dan koleksi yang dipamerkan secara in situdi lokasi aslinya. Koleksi tersebut adalah hasil penelitian yang pernah dilakukan atau sedang dilakukan penelitian.
- Prinsip Penyajian Museum Situs Batujaya dalam bentuk interpretasi terintegrasi antara koleksi di dalam museum, koleksi yang dipamerkan di luar museum sebagai bagian dari situs, dan lingkungannya.
Menurut Allan (1955:107) situs adalah elemen utama dari museum situs, oleh karena itu, bangunan Museum Situs Batujaya harus didirikan sedekat mungkin dengan situs. Maka hasil penelitian di Situs Batujaya dapat ditampung di Museum Situs Batujaya dan disajikan untuk pengunjung. Letak Museum Situs Batujaya yang dekat dengan situs juga bertujuan untuk memperkecil kemungkinan terjadinya kerusakan koleksi, meminimalkan biaya perawatan, memudahkan akses penelitian, dan kesesuaian tema dengan koleksi yang dipamerkan.
Museum Situs Batujaya juga harus seperti yang dikatakan oleh Chabra (1956:42−49) dalam artikelnya yang berjudul Site Museums of India, menyatakan bahwa museum situs merupakan tempat menyimpan objek-objek yang mudah dipindahkan yang ditemukan atau digali dari suatu situs kuno tertentu yang memiliki makna penting terhadap sejarah. Bangunan tersebut berdiri di atas situs, di pusat reruntuhan yang sedang digali atau dekat dengan situs. Museum situs bisa saja merupakan bangunan baru yang khusus dibangun untuk tujuan tersebut. Beberapa museum situs memiliki bangsal atau bangunan terbuka, sejenis galeri open-air museum yang menyajikan objek berukuran besar dan berat seperti pilar batu, arca, pahatan, batu bertulis dan lain sebaginya, sehingga benda-benda tersebut dapat terlindungi dari vandalisme dan cuaca.
Pengelolaan
Ada dua hal penting dalam pengelolaan Museum Situs Batujaya, yaitu pengelolaan koleksi dan pengelola Museum Situs Batujaya yang diwujudkan dalam struktur organisasi. Pengelolaan koleksi bertumpu pada kelestarian, penelitian dan pengomunikasian koleksi. Sementara struktur organisasi Museum Situs Batujaya yang harus memiliki ‘aktifitas permuseuman’ yang berorientasi kepada masyarakat.
Pengelolaan Koleksi
Museum mempunyai tiga fungsi dasar yaitu melakukan preservasi/konservasi, riset/penelitian, dan komunikasi (Mensch 2003:10). Dalam melakukan preservasi museum melakukan pengumpulan, pendokumentasian, konservasi, dan restorasi koleksi. Museum juga melakukan penelitian pada koleksi, termasuk pemaknaannya (interpretasi). Museum juga harus menyebarkan informasi hasil penelitian dan preservasi melalui pameran, program edukasi, dan sarana publikasi lainnya (Mensch 2003:10; Magetsari 2008:13−14).
Tiga fungsi dasar museum tersebut harus diterapkan dalam Museum Situs Batujaya, yaitu pengelolaan Situs Batujaya. Salah satunya adalah bangunan yang terdapat pada situs-situs tersebut dapat dilestarikan di lokasi situsnya. Pelestarian situs dapat dilakukan dengan pendokumentasian, perawatan dan pemeliharaan (fungsi konservasi). Situs asli yang terbuka, dan terpisah-pisah dalam satu kawasan dapat ‘diintegrasikan’ dengan dalam tata pamer yang baik. Pelestarian terhadap bangunan-bangunan tersebut juga melestarikan aspek intangible-nya melalui proses kurasi (musealisasi).
Berdasarkan uraian tersebut pengelolaan Museum Situs Batujaya dapat dilakukan dengan beberapa cara:
- Menjadikan situs-situs di Situs Batujaya sebagai koleksi Museum Situs Batujaya.
- Melakukan penelitian melalui pemaknaan (interpretasi) pada masing-masing situs yang akan disajikan secara terintegrasi dengan bangunannya.
- Pelestarian (konservasi) bangunan dapat dilakukan di situs aslinya (in situ).
- Mengomunikasikan hasil penelitian dan konservasi, serta pemaknaan bangunan-bangunan di situs melalui konsep penyajian musuem situs.
- Membuat tema tata pamer yang dapat mengintegrasikan bangunan-bangunan yang terpisah dalam satu rangkaian cerita.
Pengembangan Struktur Organisasi
Struktur organisasi museum tradisional yang berbasis koleksi, bahwa setiap jenis koleksi dikelola oleh seorang kurator sesuai keahliannya (Magetsari 2008:7.), berubah karena aktivitas permuseuman mengalami perubahan paradigma dari berorientasi pada koleksi menjadi berorientasi kepada masyarakat. Perubahan ini memunculkan “profesional baru” yang berfungsi sebagai peneliti menggantikan fungsi kurator. Manajemen museum juga mengalami perubahan, yang lebih menekankan pada manajemen koleksi dan komunikasi. Oleh karena itu, struktur organisasi museum juga berubah, tidak lagi berbasis koleksi melainkan berbasis fungsional (Mensch 2003:4−5; Magetsari 2008:8−9). Maka dari itu struktur Museum Situs Batujaya pun mengikuti perkembangan ini. Heni Fajria Rif’ati (2010) dalam tesisnya telah membuat analisis tentang struktur organisasi Museum Situs Batujaya beserta SDMnya berdasarkan kebutuhan sesuai dengan konsep struktur organisasi museum situs. Selanjutnya untuk mengelola museum perlu dibentuk struktur organisasi Museum Situs Batujaya dengan SDM museum sesuai dengan jenis, tugas, dan fungsinya.
Maka dari itu, dalam pengembangan Museum Situs Batujaya struktur organisasi seperti pada bagan 3. Kepala Museum Situs Batujaya membawahkan dua bidang utama, yaitu Bidang Administrasi dan Bidang Teknis. Bidang Administrasi membawahkan bidang Administrator dan Pengamanan. Bidang Teknis membawahkan Bidang Koleksi dan Bidang Komunikasi, dst.
Koleksi Museum
Koleksi Museum Situs Batujaya sangat beragam, di antaranya adalah bangunan, struktur, ornamen, arca, materai (votive tablet) terakota, inskripsi, gerabah, arca, alat logam, perhiasan, keramik, tulang dan serbuk sari (pollen). Koleksi tersebut adalah hasil penelitian yang telah dilakukan di Situs Batujaya oleh beberapa instansi, dan bangunan in situ baik yang telah dipugar ataupun belum.
No. | Situs/Sektor | Bentuk Denah | Jenis |
1. | Segaran I | Bujur sangkar | Kaki candi |
2. | Segaran II-A | Persegi panjang (?) | Fondasi/profan |
3. | Segaran II-B/1 | (?) | Kaki candi |
4. | Segaran II-B/2 | Memanjang | Tembok |
5. | Segaran II-C | Memanjang | Tembok |
6. | Segaran II-D/ | Persegi panjang | Fondasi lantai/profan (3 ruang) |
7. | Segaran III-A | Persegi panjang | Fondasi candi |
8. | Segaran III-B | — | Susunan bata (belum digali) |
9. | Segaran IV | Bujur sangkar | Kaki candi |
10. | Segaran V | Bujur sangkar | Kaki dan badan candi |
11. | Segaran VI | Lingkaran | Menhir/susunan |
12. | Segaran VII | Persegi panjang | Fondasi candi |
13. | Segaran VIII | ? | Fondasi/profan |
14. | Segaran IX | Persegi panjang | Fondasi/kaki candi |
15. | Telagajaya I-A | Persegi panjang | Kaki candi |
16. | Telagajaya I-B | Bujur sangkar | Kaki candi |
17. | Telagajaya I-C | Persegi panjang | Kaki candi |
18. | Telagajaya I- D | Persegi panjang | Kaki candi |
19. | Telagajaya I- E | Menyudut 76o | Sudut tembok/pagar keliling |
20. | Telagajaya II | Persegi panjang | Kaki candi |
21. | Telagajaya III | — | Belum digali |
22. | Telagajaya IV-A | — | Belum digali |
23. | Telagajaya IV-B | — | Belum digali |
24. | Telagajaya V | Bujur sangkar | Kaki candi |
25. | Telagajaya VI-A | Bujur sangkar | Kaki candi |
26. | Telagajaya VI-B | Bujur sangkar | Kaki candi |
27. | Telagajaya VII | — | Kosong |
28. | Telagajaya VIII | Persegi panjang | Fondasi candi |
29. | Telagajaya IX | — | Fondasi/kaki candi (?) (dihuni/rumah penduduk) |
30. | Telagajaya X | — | Fondasi/kaki candi (?) (dihuni/rumah penduduk) |
Desain Arsitektur
Museum Situs Batujaya harus memiliki desain rancang bangun yang sesuai dengan museologi baru. Menurut Friess (2006:16) museum itu harus dibangun dari dalam ke luar, bukan sebaliknya. Jadi harus dipahami dahulu mengenai hasil penelitian secara komprehensip, baru mendesain bangunan museum. Friess menambahkan bahwa kurator dan desainer (arsitek) harus bekerja sama membuat museum menjadi tempat yang menarik, sehingga dapat menstimulasi memori pengunjung dan menjadi inspirasi.
Museum Situs Batujaya tidak perlu bangunan yang sangat luas, tetapi cukup untuk artefak-artefak yang telah terpilih dan sesuai dengan alur cerita. Bangunan Museum Situs Batujaya juga harus mencerminkan ‘kebatujayaan’. Salah satunya mengadopsi bentuk candi yang sudah dipugar, yaitu Candi Jiwa dan Candi Blandongan. Kedua candi ini memiliki ciri khas dengan bentuk stupa pada bagian atasnya. Hal ini sesuai dengan latar keagamaan, yaitu Buddha. Jadi Museum Situs Batujaya serasi dan selaras dengan koleksinya. Saat berada di depan Museum Situs Batujaya yang terbayang di banyak pengunjung adalah Batujaya.
Museum Situs Batujaya dapat mencontoh Museum Situs Sarnath yang mengadopsi biara Buddha sebagai bentuk bangunan museum situs. Museum Situs Batujaya juga dapat membuat suatu struktur terbuka untuk menyelamatkan berbagai temuan in situ seperti di Museum Situs Khajuraho yang pada 1910 telah dibangun dinding terbuka oleh W.E. Jardine untuk menampung sejumlah besar arca dan pahatan dalam berbagai jenis, baik rusak maupun utuh yang ditemukan di situs tersebut. Struktur open air tersebut diberi nama Jarnie Museum. Dalam upaya pelindungan situs dan tinggalannnya Pemerintah India membuat museum situs permanen di situs tersebut.
Selain itu, bangunan candi yang terbuat dari susunan bata itu dilarang untuk dinaiki oleh pengunjung. Maka Museum Situs Batujaya harus didesain agar dapat dinaiki pengunjung untuk dapat merasakan seolah-olah menaiki candi. Juga dapat menjadi menara pandang untuk melihat lingkungan di sekitar Museum Situs Batujaya. Maka dari itu, Museum Situs Batujaya dalam gambar sketsa terlihat ada tangga pada bagian luarnya.
Museum Situs Batujaya idealnya minimal memiliki lima atau enam ruang utama, yang didesain dalam bangunan berlapis atau bertingkat. Bentuk bangunan seperti ini dapat difungsikan sebagai menara pandang dengan menempatkan tangga pada bagian luar. Desain rancang bangun mengadopsi bentuk Candi yang telah dipugar, yaitu Candi Blandongan atau Candi Jiwa. Luas bangunan dapat mengambil ukuran Candi Blandongan yaitu 25 x 25 m.
Kurasi
Kurator di Museum Situs Batujaya harus melakukan preservation (pemeliharaan); revelation (pembukaan rahasia-penyusunan semua elemen masa kini); dan regeneration (kelahiran kembali melalui edukasi dan penyebaran). Kurator Museum Situs Batujaya harus dapat membangun pemahaman pengunjung melalui proses komunikasi, yang merupakan proses penyampaian pesan, dan merupakan tahap yang penting. Hal tersebut dapat menentukan keberhasilan Museum Situs Batujaya dalam menjalankan tugasnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan tujuan pendidikan dan kesenangan. [1]
Konsep Edukasi
Museum Situs Batujaya harus dapat berperan sebagai fasilitator atas cara belajar aktif melalui penanganan objek dan diskusi, yang dihubungkan dengan pengalaman konkrit pengunjung. Cara ini digunakan dalam pandangan konstruktivis, sedangkan cara yang diterapkan dalam teore didaktik atau stimulus respon mungkin bisa diterapkan sesekali dalam sesi guiding. Sementara cara lainnya adalah teore diskoveri yang menekankan pada proses aktif yang berhubungan dengan aktivitas fisik, sehingga dapat memberikan rangsangan untuk belajar, dapat mendukung cara yang digunakan dalam pandangan konstruktivis. Ada dua komponen penting dalam konstruktivis, yaitu partisipasi aktif dari pembelajar, dan pembelajar memvalidiasi kesimpulan sendiri. Museum Situs Batujaya juga harus dapat dapat memadukan sisi kognitif, afektif dan motorik pengunjung agar memberikan kemungkinan belajar yang efektif (Asiarto 2007:10).
Museum Situs Batujaya juga harus menjadi sarana belajar yang baik. Pengunjung dalam belajar mengalami proses belajar yang efektif—dengan mendapatkan ketrampilan, ilmu pengetahuan, dan pemahaman—dengan menggabungkan belajar aktif dan pengalaman. Dengan proses efektif ini pengunjung dapat belajar lebih mendalam (Black 2005:132).
Selain itu, Free-chioce learning dapat menjadi pilihan Museum Situs Batujaya dalam cara belajar informal yang juga efektif. Belajar dilakukan secara sukarela, serta didorong atas dasar kebutuhan dan ketertarikan individu (Falk dan Dierking 2002:9, dalam Suzuki 2005:30). Jadi proses belajar terjadi karena seseorang memilihnya, bukan karena ada keharusan untuk mempelajarinya. Maka aspek motivasi menjadi penting agar orang mau belajar atas pilihannya (Supriyanto 2009:17). Tipe belajar free-chioce learning ini sesuai dengan teore edukasi konstruktivis yang memiliki dua komponen penting, yaitu: pemahaman bahwa saat belajar membutuhkan partisipasi aktif dan pembelajar; dan pendekatan pendidikan yang mengharuskan tidak memvalidasi kesimpulan yang diambil dengan standar kebenaran eksteral, tetapi oleh pembelajar (Hein, 1998:34). Maka Museum Situs Batujaya harus menjadi sarana pembelajaran informal dengan menggunakan metode-metode tersebut. Agar hasil penelitian yang selama ini telah dilakukan dapat ‘dinikmati’ oleh semua kalangan masyarakat. Pengunjung dapat membangun pengetahuannya sendiri atas kesimpulan dari pemahamannya selama berada di dalam museum. Pengunjung juga diberi kebebasan untuk ‘memilih’ koleksi mana yang harus ‘dinikmati’, sehingga terjadi komunikasi dan interaksi (antara pengunjung dengan koleksi).
Pameran
Museum Situs Batujaya dengan dua jenis koleksi, yaitu artefak hasil penelitian yang banyak dan beragam, serta struktur yang in situ, dapat ditampilkan dalam pameran dengan pendekatan tematiknya Route atau pendekatan lingkungannya Lord dan Lord. Pendekatan tematik Route berbeda dengan pendekatan tematik Lord dan Lord. Pendekatan tematik Route memotivasi pengunjung untuk lebih jauh mencari informasi tentang objek dan pengetahuan, karena dapat merasakan adanya hubungan emosi. Kekuatannya pada cerita yang diinterpretasikan berdasarkan fakta. Dasar interpretasinya adalah paket komunikasi yang disampaikan untuk memprovokasi pengunjung untuk berpikir, menyimpulkan nilai moralitas cerita yang dapat diambil. Sementara pendekatan tematiknya Lord dan Lord hanya mengelompokkan objek menjadi tema-tema sosial, historis, kultural, dan ilmiah dengan menggunakan grafis dan sarana penjelasan lainnya. Pendekatan ini sering dikatakan sebagai pendekatan yang bersifat didaktis, dan umum digunakan dalam museum sejarah atau ilmu pengetahuan.
Pendekatan lingkungan akan lebih menarik dengan memanfaatkan setting ruangan, atau untuk menampilkan suasana yang sebenarnya dari koleksi. Pendekatan lingkungan dapat digunakan untuk ‘menghidupkan’ koleksi dalam sub tema-sub tema yang telah dibuat. Pendekatan ini juga mendukung metode pendidikan konstruktivisme yang memberikan ‘kebebasan’ pada pengunjung untuk memilih dan ‘menikmati’ koleksi. Dengan pendekatan lingkungan diharapkan pengunjung akan mendapatkan pengalaman yang menarik.
Pendekatan pameran lingkungan di Museum Situs Batujaya juga akan lebih menarik dengan dukungan pendekatan interaktif dan hand-on. Pendekatan interktif dapat melibatkan pengunjung secara aktif dalam menelusuri setiap koleksi di Museum Situs Batujaya dan dapat menjadi pengalaman yang sangat baik. Sementara pendekatan Hand-on dapat menempatkan pengunjung untuk belajar melalui pengalaman fisik dengan menyentuh dan menggunakan koleksi sebagai bagian dari proses pembelajaran.
Tema Pameran
Pameran Museum Situs Batujaya disusun berdasarkan beberapa penelitian yang pernah dilakukan di Situs Batujaya, yang menghasilkan kesimpulan bahwa Situs Batujaya adalah multicomponent site. Di Situs Batujaya terdapat temuan yang berasal dari lapisan budaya Buni, yang berada di bawah lapisan masa Hindu-Buddha. Dari beberapa penelitian juga menghasilkan kesimpulan bahwa Situs Batujaya merupakan situs masa Hindu-Buddha yang tertua di Jawa Barat, yaitu abad V. Bahkan Hasan Djafar (2010:130) dalam disertasinya menyimpulkan bahwa Situs Batujaya merupakan kompleks percandian agama Buddha yang tertua di Jawa. Kesimpulan-kesimpulan ini kemudian dikemas menjadi tema Museum Situs Batujaya, yaitu “Situs Batujaya sebagai satu-satunya percandian tertua di Jawa”. Tema ini diurai dalam dua sub tema, yaitu: Sub tema penelitian dan sub tema keragaman budaya Batujaya. Tema dan sub tema ini diwujudkan dalam bentuk alur cerita sebagai kerangka kerja untuk membangun pesan pendidikan yang terdiri atas narasi, garis besar pameran, dan urutan cerita.
Alur Cerita
Alur cerita Museum Situs Batujaya dibuat berdasarkan tema Museum Situs Batujaya, yang diurai ke dalam dua sub tema, yaitu tentang penemuan dan tentang keragaman budaya Batujaya.
Tema | Situs Batujaya sebagai satu-satunya percandian tertua di Jawa | |||
Sub tema | Informasi pameran/sajian pameran | |||
Penemuan | Mengenai penemuan dan penelitian yang pernah dilakukan di Situs Batujaya. | |||
Keragaman budaya Batujaya | Mengenai kebudayaan Batujaya (prasejarah) dan kebudayaan yang terbentuk karena adanya pengaruh luar (Hindu-Buddha) | |||
Prasejarah | Kehidupan sehari-hari | Mengenai temuan wadah tembikar dan peralatan logam yang berhubungan dengan kehidiupan sehari-hari. | ||
Masyarakat | Mengenai kondisi sosial masyarakat melalui analisis temuan bekal kubur. | |||
Hindu- Buddha | Percandian dan bangunan profan di Situs Batujaya masih berhungan dengan percandian, khususnya beberapa bangunan di Segaran II yang merupakan kelompok bangunan profan. Bangunan-bangunan itu merupakan tempat tinggal para pendeta dan tempat untuk melakukan persiapan upacara. | |||
Teknologi | Mengenai teknologi pembuatan fondasi, pembuatan bata, pengolahan bahan batuan, penggunaan stuko dan pemanfaatan sumber daya alam. | |||
Seni | Kehadiaran agama Hindu dan Buddha di wilayah Kerajaan Tārumā, khususnya di daerah pantai utara Jawa Barat telah menghasilkan suatu bentuk kesenian baru, yaitu seni bangunan yang terbuat dari bata, khususnya seni bangunan keagamaan yang berbentuk candi. bentuk hiasan-hiasan relief yang terbuat dari bahan stuko dengan jenis ragam hias seperti bingkai-bingkai berbentuk pita dengan diberi motif floral, untaian manik-manik, dan hiasan bermotif bunga. Bisa pula motif hiasan berupa relung-relung dengan bingkai pinggi berbentuk pita ganda dengan bagian ujung berbentuk hiasan cĕplok bunga padma mekar, atau berbentuk ukĕl (yang diduga di bagian tengahnya terdapat relief berupa arca kepala atau torso), seperti bentuk kudu yang lazin ditemukan pada bagian dinding badan atau di bagian atas candi, seperti di Candi Bima, di Kompleks percandian Dieng. Juga arca-arca stuko kecil, fragmen ikal rambut arca batu dan fragmen kaki arca perunggu. Arca-arca kepala manusia, tokoh dewata dan hewan pun bisa ditampilkan, karena memiliki kesamaan dengan gaya seni arca dari Nālandā. | |||
Aksara dan Bahasa | Mengenai inskripsi Batujaya memiliki beberapa aksara yang bentuknya mempunyai kedekatan dengan bentuk aksara Palawa dari masa Tārumā-nagara. | |||
Agama | Mengenai kompleks percandian di Situs Batujaya yang berlatar agama Buddha. Hal ini dapat dilihat pada ayat-ayat suci yang dituliskan dalam inskripsi-inskripsi Batujaya dengan jelas memberikan bukti yang kuat mengenai latar keagamaan yang bercorak agama Buddha. | |||
Pola sebaran bangunan & tatanan pemukiman | Mengenai pembagian bangunan di Situs Batujaya berdasarkan orientasi arahnya terhadap mata angin menjadi empat kelompok. Juga mengenai situs perbengkelan atau industri yang menghasilkan barang-barang keperluan hidup. Juga ada pertukaran atau perdaganan dengan tempat-tempat lain di luar kawasan ini. Bahan pangan yang melimpah atau surplus dijadikan komoditi perdagangan baik lokal maupun dengan luar. | |||
Masyarakat | Mengenai dua jenis kepemimpinan yang mempunyai peranan penting dalam menata kehidupan masyarakat ketika datangnya pengaruh unsur-unsur budaya India, yaitu kepemimpinan yang berkaitan dengan religi, dan kepemimpinan sekuler yang berkaitan dengan masalah kekuasaan dalam kehidupan masyarakat. | |||
Ekonomi | Wilayah yang sangat subur dan banyak sungai, memungkinkan untuk menanam padi di sawah dengan irigasi yang intensif. Rute pelayaran dan perdagangan antara India dan Tiongkok yang melewati kawasan Asia Tenggara ramai sejak awal Masehi. Di sepanjang jalur pelayaran dan perdagangan ini tumbuh pusat-pusat perdagangan dan permukiman yang ramai dikunjungi para pedagang dari berbagai kawasan. | |||
Tema | Situs Batujaya sebagai satu-satunya Percandian di Jawa Barat | ||||
Sub tema | Koleksi | Penunjang | Keterangan | ||
Penemuan | Label Informasi dan foto, terutama foto-foto lama penelitian dan pemugaran. | Berada di ruang pameran pertama dengan desain interior (tata pamer) ‘tidak mengalir’ | |||
Keragaman budaya Batujaya | Pra sejarah | Kehidupan sehari-hari | Gerabah Buni Artefak logam | Label Informasi dan foto | Berada di ruang pameran kedua (dan bisa dikembangkan menjadi beberapa ruang [disesuiakan dengan banyaknya koleksi]) dengan desain interior (tata pamer) ‘tidak mengalir’ |
Masyarakat | Bekal kubur | Label Informasi dan foto | |||
Hindu-Buddha | Bangunan | Candi Jiwa, Blandongan | Label Informasi dan foto | ||
Teknologi | Bata, stuko fragmen dayung, dll | Label Informasi dan foto | |||
Seni | Arca, ornamen | Label Informasi dan foto | |||
Aksara dan Bahasa | Inskripsi | Label Informasi dan foto | |||
Keagamaan | Inskripsi, arca, candi | Label Informasi dan foto | |||
Pola sebaran bangunan & tatanan pemukiman | Peta keletakan situs | Label Informasi peta dan foto | |||
Ekonomi | Gerabah Arikamedu | Label Informasi peta dan foto |
Program Publik
Program publik Museum Situs Batujaya dapat dibentuk dengan beragam desain, yang bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada pengunjung. Program publik yang berhubungan dengan tema pertama (tentang penemuan) dapat memberikan pengalaman kepada pengunjung tentang bagaimana belajar (learn) melalui observasi dengan objek asli; Menyelidiki (investigate) bagaimana arkeolog bekerja dan memahami kehidupan, masyarakat dan budaya masa lalu; Mencari (look for) bukti masa lalu dengan melalui sentuhan dan belajar menemukan; Melibatkan (engage) dengan melalui penggunaan indera berdasarkan pada pengalaman; Belajar arkeologi (study archaeology) baik tentang seni, sejarah, agama dsb, serta membuat bentuk hubungan (make links) dari berbagai proses pembelajaran.
Museum Situs Batujaya dapat menggunakan strategi belajar aktif (acitve learning) yang melibatkan seluruh indera dan pengalaman pelajar melalui konsep edutainment. Strategi ini dapat diterapkan di dalam dan di luar museum. Dengan strategi ini dapat dibuat suatu pameran temporer dan program pendidikan (atau program publik lainnya) yang menarik, informatif, dan interaktif. Banyak program publik yang umum dilakukan seperti pemanduan, ceramah, workshop, lomba, dll. Akan tetapi untuk Pengembangan Museum Situs Batujaya perlu suatu program publik yang menarik dan khas, seperti membatik dengan motif huruf Palawa dengan mencontoh inskripsi pada materai terakota (votive tablet) atau pada lempeng emas. Bisa juga membatik dengan motif-motif yang ada pada temuan gerabah batujaya dan gerabah Arikamedu.
Program publik lainnya adalah kunjungan situs malam hari, sehingga akan didapatkan pengalaman yang berbeda daripada berkunjung ke situs pada siang hari. Untuk pelajar sekolah menengah dan mahasiswa bisa dibuat program membuat karangan ilmiah tentang Batujaya, atau lomba menggambar dan mewarnai untuk pelajar tingkat dasar dan pendidikan usia dini. Lomba fotografi bisa dibuat untuk kalangan pelajar, umum dan wartawan (jurnalistik). Pembagiannya bisa dengan jenis kamera yang digunakan, di antaranya kamera HP, kamera saku, kamera prosumer, dan kamera DSLR.
Pastisipatory juga bisa dibuat untuk memberi kesempatan kepada pengunjung untuk menjadi kontributor, sehingga dapat merasakan keterlibatannya dalam proses komunikasi museum. Partisipatory yang dibuat bisa berupa simulasi kotak gali dengan sejumlah temuan di dalamnya. Kemudian pengunjung dapat menuliskan apa pun kedalam lembar kertas yang telah disediakan. Tema partisipatory bisa berbeda setiap hari, minggu atau bulan. Misalnya tema tentang persamaan antara gerabah yang ditemukan di Situs Batujaya dengan gerabah yang pernah dilihat atau bahkan digunakan oleh pengunjung. Bisa juga dibuat tema dengan pertanyaan “bagaimana jika anda seorang arkeolog?
KESIMPULAN
Museum Situs Batujaya hendaknya dapat menjadi lembaga yang dapat melindungi tinggalan budaya hasil penelitian di Situs Batujaya, baik yang bergerak maupun bangunan candi yang in situ. Museum Situs Batujaya harus dibangun di lokasi asli atau di dalam Situs Batujaya untuk melindungi tinggalan arkeologi di kawasan tersebut. Yang dimaskud dengan lokasi asli adalah yang di tempat itu pernah terjadi peristiwa, baik prasejarah ataupun sejarah yang penting. Museum Situs Batujaya juga merupakan bangunan yang dibangun di Situs Batujaya yang di bebarapa situs telah dilakukan penggalian arkeologi.
Museum Situs Batujaya harus memiliki desain rancang bangun yang sesuai dengan museologi baru, dan dirancang dari dalam ke luar, bukan sebaliknya. Museum Situs Batujaya juga harus serasi dan selaras dengan koleksinya. Museum Situs Batujaya harus didesain agar dapat ‘dinaiki’ pengunjung untuk dapat merasakan seperti atau seolah-olah menaiki candi. Juga dapat menjadi ‘menara pandang’ untuk melihat lingkungan di sekitar Museum Situs Batujaya. Museum Situs Batujaya idealnya minimal memiliki enam ruang utama, yang didesain dalam bangunan berlapis atau bertingkat. Bentuk bangunan seperti ini dapat difungsikan sebagai menara pandang dengan menempatkan tangga pada bagian luar. Desain rancang bangun mengadopsi bentuk Candi yang telah dipugar, yaitu Candi Blandongan atau Candi Jiwa. Luas bangunan dapat mengambil ukuran Candi Blandongan yaitu 25 x 25 m.
Dalam pengelolaannya Museum Situs Batujaya harus melakukan beberapa cara, yaitu: menjadikan situs-situs di Situs Batujaya sebagai koleksi Museum Situs Batujaya; melakukan penelitian dan pelestarian; mengomunikasikan hasil penelitian dan konservasi; dan membuat tema tata pamer yang dapat mengintegrasikan bangunan-bangunan yang terpisah dalam satu rangkaian cerita. Maka dari itu Museum Situs Batujaya harus memiliki pengelola yang memahami tentang museologi baru, dan dapat melestarikan, menyajikan, dan memublikasikan museum bagi kepentingan pelayanan wisata, pendidikan, dan penelitian.
Museum Situs Batujaya harus dapat berperan sebagai fasilitator atas cara belajar aktif melalui penanganan objek dan diskusi, yang dihubungkan dengan pengalaman konkrit pengunjung. Cara ini digunakan dalam pandangan konstruktivis. Museum Situs Batujaya juga harus dapat dapat memadukan sisi kognitif, afektif dan motorik pengunjung agar memberikan kemungkinan belajar yang efektif.
Museum Situs Batujaya juga harus menjadi sarana belajar yang baik, dengan menggabungkan belajar aktif dan pengalaman. Maka dari itu Free-chioce learning dapat menjadi pilihan sebagai cara belajar informal yang juga efektif. Tipe ini sesuai dengan teore edukasi konstruktivis yang memiliki dua komponen penting, yaitu: pemahaman bahwa saat belajar membutuhkan partisipasi aktif dan pembelajar; dan pendekatan pendidikan yang mengharuskan tidak memvalidasi kesimpulan yang diambil dengan standar kebenarann eksteral, tetapi oleh pembelajar.
Alur cerita dalam Museum Situs Batujaya dengan tema yang kemudian dirinci menjadi sub tema dikemas dalam satu desain komunikasi berupa pameran, baik pameran tetap maupun temporer. Pameran Museum Situs Batujaya disusun berdasarkan beberapa penelitian yang pernah dilakukan di Situs Batujaya. Kemudian dikemas menjadi tema, yaitu “Situs Batujaya sebagai satu-satunya percandian tertua di Jawa”. Tema ini diurai dalam dua sub tema, yaitu: Sub tema penelitian dan sub tema keragaman budaya Batujaya. Tema dan sub tema ini diwujudkan dalam bentuk alur cerita sebagai kerangka kerja untuk membangun pesan pendidikan yang terdiri atas narasi, garis besar pameran, dan urutan cerita.
Museum Situs Batujaya dengan dua jenis koleksi, yaitu artefak hasil penelitian dan struktur yang in situ dapat ditampilkan dalam pameran dengan pendekatan lingkungan. Pendekatan lingkungan akan lebih menarik dengan memanfaatkan setting ruangan, atau untuk menampilkan suasana yang sebenarnya dari koleksi. Pendekatan lingkungan dapat digunakan untuk ‘menghidupkan’ koleksi dalam sub tema-sub tema yang telah dibuat. Pendekatan ini juga mendukung metode pendidikan konstruktivisme yang memberikan ‘kebebasan’ pada pengunjung untuk memilih dan ‘menikmati’ koleksi. Dengan pendekatan lingkungan diharapkan pengunjung akan mendapatkan pengalaman yang menarik.
Pendekatan pameran lingkungan di Museum Situs Batujaya akan lebih menarik dengan didukung dengan pendekatan interaktif dan hand-on. Dengan melibatkan pengunjung secara aktif dalam menelusuri setiap koleksi di Museum Situs Batujaya dapat menjadi pengalaman yang sangat baik. Pendekatan Hand-on dapat menempatkan pengunjung untuk belajar melalui pengalaman fisik dengan menyentuh dan menggunakan koleksi sebagai bagian dari proses pembelajaran. Hands-on exhibition juga dapat dimaknai sebagai computer games, yang lebih banyak mengunakan keyboard, joystick, atau virtual reality, sehingga dapat menggabungkan aspek hiburan dan belajar.
Museum Situs Batujaya dapat menggunakan strategi belajar aktif (acitve learning) yang melibatkan seluruh indera dan pengalaman pelajar melalui konsep edutainment. Strategi ini dapat diterapkan di dalam dan di luar museum. Dengan strategi ini dapat dibuat suatu pameran temporer dan program pendidikan (atau program publik lainnya) yang menarik, informatif, dan interaktif. Banyak program publik yang umum dilakukan seperti pemanduan, ceramah, workshop, lomba, dll. Akan tetapi untuk Pengembangan Museum Situs Batujaya perlu suatu program publik yang menarik dan khas, seperti membatik dengan motif huruf Palawa dengan mencontoh inskripsi pada materai terakota (votive tablet) atau pada lempeng emas. Bisa juga membatik dengan motif-motif yang ada pada temuan gerabah batujaya dan gerabah Arikamedu. Bisa juga dibuat program kunjungan situs malam hari sehingga akan didapatkan pengalaman yang berbeda daripada berkunjung ke situs pada siang hari. Untuk pelajar sekolah menengah dan mahasiswa bisa dibuat program membuat karangan ilmiah tentang Batujaya, atau lomba menggambar dan mewarnai untuk pelajar tingkat dasar dan pendidikan usia dini. Lomba fotografi bisa diuat untuk kalangan pelajar, umum dan wartawan (jurnalistik). Pembagiannya bisa dengan jenis kamera yang digunakan, di antaranya kamera HP, kamera saku, kamera prosumer, dan kamera DSLR.
Pastisipatory juga bisa dibuat untuk memberi kesempatan kepada pengunjung untuk menjadi kontributor, sehingga dapat merasakan keterlibatannya dalam proses komunikasi museum. Partisipatory yang dibuat bisa berupa simulasi kotak gali dengan sejumlah temuan di dalamnya. Kemudian pengunjung dapat menuliskan apa pun kedalam lembar kertas yang telah disediakan. Tema partisipatory bisa berbeda setiap hari, minggu atau bulan. Misalnya tema tentang persamaan antara gerabah yang ditemukan di Situs Batujaya dengan gerabah yang pernah dilihat atau bahkan digunakan oleh pengunjung. Bisa juga dibuat tema dengan pertanyaan “bagaimana jika anda seorang arkeolog?
Baca juga: Beton Stuko Batujaya Tertua di Nusantara
Daftar Pustaka
Allan, Douglas A. (1995). “Site Museum in Scotland”, dalam Museum, Vol. VIII, no2., 1995. UNESCO-Paris. Hlm. 107.
Asiarto, Luthfi (2007). “Museum dan Pembelajaran”, dalam Museografia: Majalah Ilmu Permuseuman, Vol. 1, No. 1-September 2007, Jakarta: Direktorat Museum, Direktorat Jenderal Sejarah dan Purbakala, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.
Black, Graham (2005). The Engaging Museum: Developing Museum for Visitor Involvement”, London dan New York: Routledge.
Chabbra, B. Ch. (1956). “Site Museums of India”, dalam Museum, Vol. IX, No1, 1956. Hlm. 42−49.
Davis, Douglas (1977). Art Culture: Essay on the Postmodern, New York: Harper & Row,
Djafar, Hasan (2010). Kompleks Percandian Batujaya: Rekonstruksi Sejarah Kebudayaan Daerah Pantai Utara Jawa Barat, Bandung: Penerbit Kiblat Buku Utama, École Française d’Extrême-Orient, Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional, KITLV-Jakarta
Falk, Jhon H dan Dierkling, Lynn D. (2002). Lessons Without Limit How Free-Choice Learning is Transforming Education, New York: Altamira.
Friess, Peter (2006). “Curators and Their Architects”, dalam Curator 49/1, January 2006. Hlm. 16−20
Hein, George E. (1998/2002). Learning in the Museum. London: Routledge.
Magetsari, Noerhadi, (2008). “Filsafat Museologi”, dalam Museografia, Vol. II, No. 2, (Oktober 2009). Jakarta: Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Hlm. 6.
Mensch, P. Van (2003). Museology and Management: Enemis of Friend. Current Tendecies in Theoretical Museology and Museum Management in Europe, disampaikan sebagai keynote speech dalam konferensi tahunan ke-4 Japanaese Museum Managaement Academy, Tokyo, 7 Desember 2003.
Rif’ati, Heni Fajria (2010). Pengelolaan Museum Situs Batujaya sebagai Objek Wisata Budaya di Kabupaten Karawang, Tesis Program Studi Ilmu-ilmu Sastra Konsentrasi Museologi, Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran Bandung.
Sutaarga, Moh. Amir (1989/1990). Pedomman Penyelenggaraan dan Pengelolaan Museum, Jakarta: Proyek Pembinaan Permuseuman Jakarta. Direktorat Jenderal Kebudayaan, Departemenh Pendidikan dan Kebudayaan.
Suzuki, Midori (2005). Toward Enhanced Learning of Science: an Educational Scheme for Informal Science Institution”, Disertasi untuk Doctor of Philosophy pada North Carolina State University.
[1] Menurut Douglas Davis (1977) ada tiga hal yang harus dilakukan oleh museum pada abad ke-21, yaitu: preservation (pemeliharaan); revelation (pembukaan rahasia-penyusunan semua elemen masa kini); dan regeneration (kelahiran kembali melalui edukasi dan penyebaran).