Kue Mueh Pengantin Lingga (2)

0
1488

2. Kue Rumput Surga

Kue rumput surga memiliki cita rasa manis, gurih dari kuning telur itik yang menjadi bahan dasar utama. Kue rumput surga dibuat dengan warna yang bervariasi, jika bahan dasarnya menggunakan kuning telur itik maka warna kuenya kuning, namun jika bahan dasarnya menggunakan kuning telur ayam yang dipadukan dengan daun pandan atau bila perlu ditambah pewarna maka warna kue akan menyerupai warna rumput, yaitu kehijau-hijauan.

2.1. Makna Kue Rumput Surga

Kue ini memiliki makna “Penuh berkah, kesejukan dan kesuburan hidup di dalam berumah tangga.”

2.2.   Resep dan cara membuat Kue Rumput Surga

Bahan-bahan yang diperlukan sebagai berikut:

1. 3-4 biji telur itik diambil kuningnya saja

2. 100 gr Gula pasir 

Cara membuat sebagai berikut:

1. Kocok kuning telur itik sampai mengembang. 

2. Gula pasir dimasak hingga menjadi air gula, ambil air gula dan masak kembali di atas kompor hingga mendidih

3. Setelah air gula mendidih, tuangkan kuning telur sambil dikirai, gerakkan melingkar ke dalam air gula yang mendidih. Mengirai kuning telur boleh menggunakan daun pisang yang dibentuk seperti corong, atau boleh menggunakan tube.

4. Setelah kuning telur matang, tekstur sedikit mengeras angkat kuning telur dengan menggunakan peniris boleh juga ayak. Tiriskan, lalu letakkan pada piring sajian.

Kue rumput surga memiliki resep lain jika tidak menggunakan telur itik dengan menggantinya dengan telur ayam kampung atau ras Bahan-bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut :

1. 5-6 biji telur. Untuk resep kue ini telurnya diambil utuh putih-kuningnya, untuk rasa yang lebih enak gunakan telur ayam kampung, jika tidak ada boleh diganti telur ayam ras

2. 100 gr Gula Pasir 

3. Daun pandan secukupnya

4. Minyak sapi Secukupnya

5. Air secukupnya

6. Pewarna makanan bila perlu

Cara membuat sebagai berikut:

1. Hidupkan kompor terlebih dahulu, campurkan gula pasir, minyak sapi, air, daun pandan. Aduk perlahan bahan hingga bahan menyatu dan air mendidih.

2. Setelah bahan menyatu dan air mendidih masukkan telur dan aduk perlahan, untuk mengaduk semua bahan usahakan campuran telur , khususnya putih telur  menyatu dengan warna khas daun pandan, karena itu mengaduknya perlu ketelatenan.

3. Setelah semua bahan menyatu saat air mendidih, cucurlah adonan hingga berbentuk seperti rumput dan kue pun siap saji. Jika teknik menyucurnya benar maka adonan akan membentuk gumpalan rumput, tanpa perlu cetakan kue.

Peralatan yang digunakan untuk membuat kue rumput surga ini, pada umumnya sama dengan membuat kue lainnya, yaitu menggunakan kompor dan panci sebagai wadahnya. Untuk peralatan tambahan, gunakan daun pisang yang dibentuk corong atau boleh menggantinya dengan tube untuk mengirai adonan yang sudah matang ke dalam piring sajian.

 

3. Kue Pasir Neraka

Kue pasir neraka juga memiliki cita rasa manis, kue ini memang memiliki nama yang unik dan seram karena ada kata nerakanya, namun disebalik keseraman nama kue ini, ia memiliki makna tersirat di dalamnya sebagai pedoman mengarungi kehidupan rumah tangga untuk kedua mempelai pengantin nantinya. Kue ini berbentuk gumpalan pasir yang di atasnya ditaburi lagi dengan gula yang sudah diwarnai dengan warna merah bunga rose. 

3.1. Makna Kue Pasir Neraka

Kue pasir Neraka memiliki makna “Berpikir dengan arif sebelum berbuat sesuatu yang mendatang mudharat di dalam berumah tangga.”

3.2. Resep dan cara membuat Kue Pasir Neraka

Bahan-bahan yang diperlukan  sebagai berikut:

1. 200 gr tepung terigu 

2. 100 gr Gula pasir 

3. Susu kental manis secukupnya

4. Mentega secukupnya

5. 3 biji telur. Untuk resep kue ini telurnya diambil utuh putih-kuningnya, untuk rasa yang lebih enak gunakan telur ayam kampung, jika tidak ada boleh diganti telur ayam ras.

Tambahan bahan untuk membuat serbuk pasir taburan di atas kue sebagai berikut:

1. 50 gr Gula Pasir

2. Pewarna makanan biasanya menggunakan pewarna makanan  warna “rose” atau warna merah.

Cara membuat  sebagai berikut:

1. Hidupkan kompor terlebih dahulu, kocok semua bahan,  setelah bahan tercampur rata selanjutnya dimasak di atas kompor,  kemudian aduk perlahan adonan hingga matang

2. Setelah adonan matang, diamkan sebentar. Adonan kue Pasir Nerake diayak perlahan-lahan hingga menggumpal seperti pasir di atas piring tempat sajian.

3. Setelah adonan siap di ayak selanjutnya taburi gula pasir yang sudah diwarnai pada bagian tengah kue, dan taburi gula pasir putih pada sekeliling kue.

Peralatan yang digunakan untuk membuat kue pasir neraka ini, pada umumnya sama dengan membuat kue lainnya, yaitu menggunakan kompor, dan panci sebagai wadahnya. Untuk mengocok adonan boleh gunakan alat pengocok tradisional namun untuk lebih mudah adonan mengembang gunakan mixer. 

 

4. Kue Telur Belangkas

Kue telur belangkas memiliki cita rasa manis dan gurih dari telur ayam yang digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat kue ini. Kue ini dibentuk serupa dengan telur belangkas, oleh karena itu kue ini dinamakan kue telur belangkas. 

4.1. Makna Kue Telur Belangkas

Kue telur belangkas memiliki makna “Mempunyai keturunan atau berkembang biak, seperti kata pepatah Melayu banyak anak, banyak rezeki.”

4.2. Resep dan cara membuat kue telur belangkas

Bahan-bahan yang diperlukan sebagai berikut:

1. 6 biji telur, diambil kuningnya saja, untuk rasa yang lebih enak gunakan telur ayam kampung, jika tidak ada boleh diganti telur ayam ras

2. 100 gr Gula Pasir 

3. Mentega ½ sendok makan. Mentega digunakan agar  kue tidak lengket

Cara membuat sebagai berikut:

1. Hidupkan kompor terlebih dahulu, campurkan semua bahan di atas ke dalam panci dan letakkan di atas kompor. Aduk perlahan semua bahan sampai matang. Usahakan untuk tetap mengaduk adonan, hingga adonan matang.

2. Setelah adonan matang, adonan kue akan berbentuk Telur Belangkas. Kue ini memiliki warna alami khas dari kuning telur, jika menggunakan telur ayam kampung maka warna kuningnya akan semakin pekat namun jika menggunakan telur ayam ras warna kuningnya sedikit lebih muda.

Peralatan yang digunakan untuk membuat kue telur belangkas ini, pada umumnya sama dengan membuat kue lainnya, yaitu menggunakan kompor dan panci sebagai wadahnya.

 

5. Kue Tahi Burung

Kue tahi burung ini juga memiliki cita rasa yang sama dengan kue lainnya yaitu manis dan gurih. Kue ini dinamakan kue tahi burung karena memang bentuknya menyerupai tahi burung. 

5.1. Makna Kue Tahi Burung

Kue tahi burung memiliki makna “Dalam menjalani kehidupan berumah tangga hendaknya selalu siap menghadapi berbagai cobaan dan rintangan”

5.2. Resep dan cara membuat Kue Tahi Burung

Bahan-bahan yang diperlukan sebagai berikut:

1. Telur 5 biji. 3 butir ambil kuningnya, 2 utuh

2. Tepung terigu ½  ons

3. Santan ½ gelas ukuran sedang. gunakan santan yang kental)

4. Gula pasir ± 2 ons

Cara membuat sebagai berikut:

1. Kocok telur setengah mengembang, masukkan gula dan kocok lagi hingga adonan mengembang sempurna.