Kue Mueh Pengantin Lingga (3)

0
1487

2. Setelah adonan telur dan gula siap, masak di atas api bersama santan dan bubuhi ½  sendok makan tepung terigu.

3. Aduk terus hingga adonan matang dan menggumpal seperti tahi burung. Untuk mengaduk adonan hingga menjadi gumpalan dari zaman dulu hingga kini masih menggunakan alat tradisonal, yaitu lidi.

Peralatan yang digunakan untuk membuat kue tahi burung ini, pada umumnya sama dengan membuat kue lainnya, yaitu menggunakan kompor, dan panci sebagai wadahnya. Untuk membentuk adonan kue hingga serupa tahi burung biasanya pembuat kue menggunakan lidi daun kelapa.

 

6. Kue Anta Kesukma

Kue anta kesukma ini memiliki cita rasa manis gurih dari kentang sebagai bahan dasarnya. Kue ini bentuknya hampir mirip dengan kue pasir neraka yang menggumpal. 

6.1. Makna Kue Anta Kesukma

Kue anta kesukma memiliki makna “Agar bergaul yang harmonis dengan pasangan, dan hati-hati dalam menjalankan kehidupan rumah tangga.”

6.2. Resep dan cara membuat Kue Anta Kesukma

Bahan-bahan yang diperlukan sebagai berikut:

1. 1 Kg kentang

2. 1 Kg gula Pasir

3. 2 gelas air

4. 20 biji telur

5. 5 biji kelapa dijadikan 10 gelas santan

6. 3 helai daun pandan

Cara membuat sebagai berikut:

1. Kentang direbus dihaluskan

2. Masak gula bersama air sampai mendidih

3. Telur dikocok sampai setengah kembang, kemudian masukkan air gula, kentang, santan dan daun pandan aduk sampai rata

4. Masak adonan sambil sesekali diaduk, setelah adonan mengental dan berbiji-biji menandakan sudah masak, dinginkan dan siap disajikan

Peralatan yang digunakan untuk membuat kue tahi burung ini, pada umumnya sama dengan membuat kue lainnya, yaitu menggunakan kompor dan panci sebagai wadahnya. 

 

7. Kue Kacau Tepung

Kue Kacau Tepung juga memiliki cita rasa manis dan gurih ditambah dengan perisa jagung atau pun stroberi yang menjadi bahan tambahan dalam pembuatan kue ini. Kue kacau tepung berbentuk bunga dengan ketelatenan tangan tanpa cetakan khusus dan memiliki warna bervariasi sesuai perisa yang digunakan. Jika perisa jagung maka warnanya kuning jagung, jika perisa stroberi maka warnanya merah stroberi. 

7.1. Makna Kue Kacau Tepung

Kue kacau tepung memiliki makna “Bergaul secara baik dan harmonis dengan orang tua, saudara, tetangga, dan lingkungan sekitar.”

7.2. Resep dan cara membuta Kue Kacau Tepung

Bahan-bahan yang diperlukan sebagai berikut:

1. 200 gr Tepung terigu

2. 100 gr Gula pasir 

3. 3 biji telur dan untuk resep kue ini telurnya diambil utuh putih-kuningnya, untuk rasa yang lebih enak gunakan telur ayam kampung, jika tidak ada boleh diganti telur ayam ras.

4. Mentega secukupnya

5. Perisa sesuai selera dan biasanya menggunakan perisa jagung atau pun stroberi

Cara membuat sebagai berikut:

1. Hidupkan kompor, kocok semua bahan dan setelah bahan tercampur rata baru dimasak di atas kompor, aduk perlahan adonan hingga matang

2. Setelah adonan matang, diamkan sebentar lalu dibentuk sesuai selera. Untuk membentuk kue ini juga tidak ada cetakan khusus, uleni bahan di atas pada piring sajian dan jepit adonan membentuk bunga sesuai gambar di bawah.

Peralatan yang digunakan untuk membuat kue kacau tepung ini, pada umumnya sama dengan membuat kue lainnya, yaitu menggunakan kompor dan panci sebagai wadahnya. Untuk mengocok adonan boleh gunakan alat pengocok tradisional namun untuk lebih mudah adonan mengembang gunakan mixer. Untuk membentuk adonan matang menjadi bentuk bunga gunakan penjepit kue yang sama dengan penjepit kue khasidah.

 

8. Kue Ganti Susu

Kue ganti susu memiliki cita rasa lebih manis, karena bahan dasarnya adalah susu. Kue ini bentuk dan teksturnya lebih mirip dodol.

8.1. Makna Kue Ganti Susu

Kue Ganti Susu memiliki makna “Dalam pergaulan rumah tangga dijauhkan dari berbicara yang kurang sopan atau pun kasar. Utamakan berbicara lemah lembut dan sopan santun.”

8.2. Resep dan cara membuat Kue Ganti Susu

Bahan-bahan yang diperlukan sebagai berikut:

1. Susu kental manis 1 kaleng

2. Santan ½ gelas ukuran sedang

3. Tepung gandum 2 ons

4. Gula pasir 1 ons

5. Pewarna makanan jika mau

Cara membuat sebagai sebagai berikut:

1. Campurkan semua bahan, dan masak di atas kompor hingga matang. Proses matang kue Ganti Susu lebih lama dari kue lain, sekitar 1 jam. 

2. Setelah adonan matang, bentuk adonan dengan menekan-nekan adonan di atas piring sajian dan adonan akan mirip dodol

Peralatan yang digunakan untuk membuat kue Ganti Susu ini, pada umumnya sama dengan membuat kue lainnya, yaitu menggunakan kompor dan panci sebagai wadahnya. 

 

9. Kue Sango atau Agar-agar

Kue sango atau yang dikenal saat ini kue agar-agar memiliki cita rasa manis seperti agar-agar pada umumnya, namun bedanya zaman dahulu bahan dasar kue sango adalah rumput laut yang dihasilkan dari perairan Lingga. Kue sango ini biasanya dihidangkan pada prosesi makan berhadap dengan bentuk bunga.

9.1. Makna Kue Sango  atau Agar-Agar

Kue Sango atau Agar-Agar memiliki makna “Perkataan yang diucapkan semestinya sopan dan santun.”

9.2. Resep dan cara membuat Kue Sango

Bahan-bahan yang diperlukan sebagai berikut:

1. Agar-agar 1 bungkus dan zaman dulu, pembuat kue pengantin menggunakan rumput laut sebagai bahan dasar Sango, sekarang umumnya menggunakan agar-agar Swallow.

2. 100 gr Gula Pasir 

3. 2 butir telur  di kocok lepas

4. Pewarna makanan sesuai selera

5. Air secukupnya

Cara pembuatan sebagai berikut:

1. Masukkan semua bahan ke dalam panci, lalu nyalakan kompor.

2. Aduk terus sampai mendidih, biarkan uap panasnya hilang.

3. setelah masak, masukkan ke dalam wadah yang telah di sediakan umumnya menggunakan cetakan bunga rose

4. untuk menvariasikan warna, boleh buat adonan baru dengan warna yang berbeda.

Peralatan yang digunakan untuk membuat kue Sango ini, pada umumnya sama dengan membuat kue lainnya, yaitu menggunakan kompor dan panci sebagai wadahnya. Untuk membentuk kue Sango gunakan cetakan kue berbentuk bunga atau sesuai selera. Biasanya pembuat kue pengantin membuat kue sango dengan bentuk bunga.

 

10. Kue Penganan Bakar