Jelajah Sangiran Edisi Perdana, Menggali Potensi Lokal yang Ada

0
853

Pada tahun 2019, BPSMP Sangiran melalui Seksi Pemanfaatan menggagas program baru yang dinamakan Jelajah Sangiran. Tujuan dari Jelajah Sangiran adalah untuk memperkenalkan Kawasan Situs Sangiran lebih luas kepada masyarakat.
“Jelajah Sangiran untuk pertama kalinya kami gagas, tujuannya untuk memperkenalkan Situs Sangiran pada masyarakat. Pada edisi pertama ini, kami mengambil tema wisata alternatif yang ada di Sangiran”, jelas Iwan Setiawan Bimas, S.S. selaku Kasi Pemanfaatan.
Jelajah Sangiran edisi pertama ini mengajak 100 orang peserta untuk menjelajah Situs Sangiran di beberapa tempat wisata alternatif di sekitar Museum Sangiran. Peserta di Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari pada tanggal 31 Agustus hingga 1 September 2019.
Selain itu, peserta diajak pula untuk berkenalan dengan para penemu fosil yang sudah banyak memberi darma bakti pada upaya pelestarian Situs Sangiran. Peserta akan diajak berkeliling kawasan bersama komunitas-komunitas lokal untuk menemukan sesuatu yang belum banyak diketahui di dalam kawasan.
“Peserta, selain diajak menemukenali potensi di Situs Sangiran, juga diajak menggali informasi dari para penemu fosil agar informasi tentang upaya pelestarian Situs Sangiran juga diketahui peserta”, tambah Iwan.
Pada Jelajah Sangiran edisi pertama ini, peserta berasal dari komunitas hobi, permuseuman, pecinta sejarah, dan pariwisata. Keterlibatan masyarakat lokal juga menjadi perhatian dari panitia Jelajah Sangiran. Beberapa kelompok yang ada diajak ikut terlibat sehingga mereka dapat memberikan informasi pada peserta.
Kelompok lokal ini telah memberikan perhatian pada upaya pelestarian Situs Sangiran dengan kemampuan yang mereka miliki. Terdapat pengelola tempat wisata alternatif, pemilik home stay, pemandu lokal, dan juga pelaku kesenian lokal. Dengan paduan peserta dari luar Situs Sangiran dan juga masyarakat lokal diharap dapat mensinergikan informasi dan juga mengembangkan potensi yang ada di Situs Sangiran.
“Kami ingin melalui Jelajah Sangiran, peserta dapat berbagi informasi, mengetahui keberadaan tempat wisata lain, dan juga mendapat masukan untuk memajukan Situs Sangiran beserta potensi yang ada. Dalam hal ini segenap pihak harus terlibat sehingga memiliki kekuatan dalam melangkah maju demi kemajuan Situs Sangiran dan masyarakatnya”, pungkas Iwan.
Kemajuan Situs Sangiran dengan segala potensi yang dimilikinya akan terekspos di Jelajah Sangiran ini, dan diharap menjadi sebuah batu loncatan untuk meraih kemajuan bagi semua. (WH-Dama)