MGtC di Undip Semarang, Resmi di Tutup

0
537

Gedung Serba Guna Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menjadi tempat dihelatnya Museums Go to Campus (MGtC) pada 26-30 Agustus 2019. MGtC 2019 ini dikuti oleh BPSMP Sangiran yang menampilkan koleksinya berupa manusia purba dan budayanya, sesuai dengan pilihan kurator pameran.
Pada hari Jumat, 30 Agustus 2019 MGtC 2019 ditutup secara resmi oleh Dr. Alamsyah, S.S., M.Hum mewakili Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Dalam sambutannya, Alamsyah menyambut baik kegiatan ini yang dapat memperkuat jati diri bangsa, khususnya pada akademisi. Halini merupakan sebuah hal yang membangun, positif bagi generasi muda untuk dapat mengetahui sejarah dan keragaman bangsa ini.
“Dengan kehadiran pameran ini, semoga memperkuat nation building untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indoensia. Pameran memberi makna bagi kami karena diajak bekerjasama dengan berbagai museum di bawah Kemdikbud”.
Sebuah makna yang dapat diambil oleh pengunjung yang sebagian besar merupakan akademisi Undip Semarang terutama dari Fakultas Ilmu Budaya. Para pengunjung dapat menyaksikan berbagai koleksi dari masa prasejarah hingga pergerakan kemerdekaan. Kisah-kisah kebesaran bangsa di masa lalu dikisahkan kembali seakan membawa para pengunjung berjalan ke masa lalu.
Masa lalu yang menjadi kebanggaan bangsa di masa lalu dan menjadi pembelajaran untuk meraih masa depan yang gilang gemilang. Hal ini perlu diperkenalkan pada generasi muda yang merupakan harapan bangsa.
Dra Enik Suryanti Saptorini selaku Koordinator MGtC 2019 mengungkapkan tujuan kegiatan ini,” Agar dapat informasi sebagai sarana membangun kebangsaan dan merawat kebhinnekaan”.


Kerjasama yang telah dibangun ini diharap dapat memperkuat pemahaman pengunjung akan jati diri bangsa. Bangsa yang besar merupakan bangsa yang memahami sejarah perjalanan bangsanya,mampu menjadi sebuah pembelajaran.
Dalam MGtC 2019 di Undip Semarang ini, BPSMP Sangiran menebarkan berbagai hadiah menarik berupa buku, kaos, dan OTG. “Hadiah yang kami berikan tidak seberapa dibandingkan kebahagiaan yang dirasakan pengunjung yang menerimanya, kami tidak hanya memberi informasi bagi pengunjung tapi juga kebahagiaan”, jelas Iwan Setiawan Bimas selaku Kasi Pemanfaatan BPSMP Sangiran.
MGtC 2019 yang dihelat di Undip Semarang ditutup pada Jumat, 30 Agustus 2019 oleh Dr. Alamsyah, S.S., M.Hum dengan kenangan dan informasi. (Wiwit Hermanto)