Jurnal Jantra, Volume 9, No. 1, Juni 2014

0
3251

Jantra-1-2014

Jurnal Jantra, Volume 9, No. 1, Juni 2014

 

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas perkenanNya Jantra Volume 9, No. 1, Juni 2014 dapat hadir kembali di hadapan pembaca. Edisi Jantra kali ini memuat 8 (delapan) artikel di bawah tema “Identitas Kultural Bangsa Melalui Kuliner” dipandang penting karena Indonesia memiliki aneka budaya daerah yang tercermin pada kuliner di berbagai daerah tersebut, dan bisa menunjukkan identitas kulturnya.

Adapun ke delapan artikel ini masing-masing yaitu: 1). “Struktur Simbolik Kuliner Rendang di Tanah Rantau,” tulisan Martion dan Robby Hidajat menguraikan simbol yang ada pada masakan rendang; 2). “Jajan Pasar: Makanan Tradisional Masyarakat Jawa,” tulisan Ambar Adrianto menguraikan tentang jajan pasar yang ada pada masyarakat Jawa; 3). “Dilema Makanan pada Ibu Hamil di Detusoko, Ende, Nusa Tenggara Timur,” tulisan Aldo Pandega Putra menjelaskan mengenai kebiasaan makan ibu hamil di Detusoko, Ende, Nusa Tenggara Timur; 4). “Mie Des Khas Kuliner Tradisional Pundong Bantul Yogyakarta,” tulisan Noor Sulistyobudi menguraikan tentang kuliner khas Pundong yaitu bakmi pedas yang disebut mie des; 5). “Tamu Diberi Makan, Melayu Diberi Beras: Tradisi Penyajian Makanan pada masyarakat Dayak di Kalimantan Barat,” tulisan Bambang H. Suta Purwana menguraikan tradisi makan pada masyarakat Dayak di Kalimantan Barat; 6). “Pandangan Petani Alor Mengenai Bose dan Ketema dalam Konteks Strategi Ekologi dan Kultural,” tulisan Nur Rosyid menguraikan tentang makanan khas bose dan ketema pada masyarakat petani di Alor; 7). “Wedang Uwuh sebagai Ikon Kuliner Khas Imogiri Bantul,” tulisan Siti Munawaroh menguraikan asal mula kuliner khas di Imogiri yaitu wedang uwuh serta khasiatnya bagi kesehatan manusia; dan 8). “Kuliner Tradisional Jawa dalam Serat Centhini,” tulisan Endah Susilantini menguraikan kuliner khas Jawa yang ada dalam Serat Centhini.

Dewan Redaksi mengucapkan terima kasih kepada para mitra bestari yang telah bekerja keras membantu dalam penyempurnaan tulisan dari para penulis naskah sehingga Jantra edisi kali ini bisa terbit.

Selamat membaca.

Redaksi Jantra

Selengkapnya download file pdf : Jantra_Vol._9_No._1_Juni_2014