Dialog Budaya Ponorogo, 28-29 Agustus 2019

0
1418
Dialog Budaya Ponorogo
Wakil Bupati Ponorogo (Dr. H. Sujarno, MM.) Membuka Kegiatan

 

 

BPNB DIY, Agustus 2019 – Terkait dengan kegiatan Indonesiana di Kabupaten Ponorogo,  maka Balai Pelestarian Nilai Budaya D.I. Yogyakarta turut mendukung dan berpartisipasi dengan mengadakan kegiatan “Dialog Budaya Ponorogo” dengan tema: ”Memperkokoh Jatidiri Bangsa melalui Dialog Budaya Ponorogo.”

Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi sarana sosialisasi nilai-nilai luhur ajaran spiritual dan Kesenian Reyog di Kabupaten Ponorogo dan sekitarnya, sekaligus memperkenalkan eksistensi dan peran paguyuban Penghayat dan Kesenian Reyog kepada masyarakat luas, khususnya generasi muda.

Adapun maksud dan tujuan pokok diselenggarakannya kegiatan “Dialog Budaya Ponorogo” ini adalah sebagai berikut: (1). ingin mengetahui peran nilai-nilai budaya spiritual dan reyog sejalan dengan aktualisasinya dalam era global ini; (2). merangsang atensi masyarakat dalam konteks memperkuat jatidiri dan karakter bangsa; dan (3). menegaskan kontribusi budaya spiritual dan reyog dalam memperkokoh identitas dan karakter bangsa.

 

 

Peserta dari kegiatan Dialog Budaya Ponorogo adalah Komunitas/grup Reyog, Komunitas Penghayat, Dinas/instansi terkait, Akademisi/MGMP, Tokoh masyarakat, Generasi muda (mahasiswa dan siswa), Masyarakat umum.                                                                   Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari penyelenggaraan kegiatan “Dialog Budaya Ponorogo” di wilayah Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur adalah sebagai berikut: (1). adanya pengakuan masyarakat luas terhadap eksistensi atau keberadaan Reyog dan paguyuban penghayat; (2). menunjukkan peran yang aktif dari komunitas pendukung reyog dan paguyuban penghayat terkait dengan upaya memperkuat jatidiri dan karakter bangsa.

Pemakalah atau narasumber yang akan dihadirkan dalam penyelenggaraan kegiatan “Dialog Budaya Ponorogo” ini terdiri dari berbagai kalangan, antara lain: dinas terkait, akademisi, budayawan, praktisi Kesenian Reyog, sesepuh organisasi Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang tergabung dalam Majelis Luhur Kepercayaan Indonesia (MLKI), yaitu DR. Latief  Bustami, DR. Lono Lastoro Simatupang, Anang Yulianto, SH, Kondrat Mantolas, SH, MH., Drs. Rido Kurnianto, M.Ag, dan Dedy Satya Amijaya, M.Sn.

Kegiatan “Dialog Budaya Ponorogo” ini dilaksanakan selama dua hari bertempat di Hotel Gajah Mada, Ponorogo, tanggal 28 – 29 Agustus 2019. Kita berharap, kegiatan yang bersinergi dengan baik ini merupakan kegiatan yang dapat mendukung keberhasilan program kemajuan kebudayaan.