Internalisasi dan Kompetisi Sejarah & Budaya 2022

untuk Siswa/i SMA/SMA sederajat se-D.I. Yogyakarta, Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Jawa Timur

0
127
sejarah dan budaya

BPNB DIY, Juni 2022 – Kanca Budaya sedaya, beberapa hari lalu tepatnya Hari Rabu hingga Jumat, 22-24 Juni 2022, BPNB D.I. Yogyakarta melaksanakan kegiatan Internalisasi dan Kompetisi Sejarah dan Budaya untuk Siswa/i SMA/SMA sederajat se-D.I. Yogyakarta, Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Jawa Timur.

Peserta kegiatan ini merupakan perwakilan siswa SMA/SMK sederajat yang berasal dari D.I.Yogyakarta, Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Jawa Timur yang di saring melalui seleksi awal oleh Dinas dibidang Kebudayaan terlebih dahulu. Kegiatan dilaksanakan secara hybrid, dimana Peserta dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah mengikuti secara zoom meeting, sedangkan peserta dari Provinsi Jawa Timur mengikuti kegiatan di Hotel Santika Premiere Surabaya.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah Memperkenalkan nilai-nilai sejarah dan keragaman budaya kepada para remaja, membekali para peserta dengan pengetahuan dasar tentang nilai-nilai sejarah dan warisan budaya takbenda, serta meningkatkan kemampuan menulis karya tulis ilmiah maupun karya dalam bentuk lain, yang popular dan berisi tentang sejarah dan budaya.

 

 

Hadir dalam pembukaan, Kepala BPNB D.I. Yogyakarta, Dra. Dwi Ratna Nurhajarini, M.Hum., dan Kepala UPT Taman Budaya Jawa Timur, Samad Widodo, S.S., M.M. mewakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur. Ikut memeriahkan acara, tampilan kesenian dari Sanggar Kalimas membawakan tari Sorote Lintang. Narasumber sekaligus dewan juri kegiatan IKSB terdiri dari Prof. Dr. Purnawan Basumndoro, M.Hum., Kukuh Yudha Karnanta, S.S, M.A., dan Delta Bayu Murti, S.Sos., M.A.. Visitasi luring yang biasanya dilakukan, diganti dengan visitasi virtual melalui film yang dijadikan pula sebagai materi dalam kegiatan ini.

 

Hasil dari penilaian narasumber sekaligus dewan juri yang mendapat peringkat kejuaraan adalah sebagai berikut :

NO

NAMA SISWA

ASAL SEKOLAH

KETERANGAN

1.       

Afifah Ainun Rohmana

SMAN 1 Purworejo

Juara I

2.       

Dewi Kumala

SMAN 1 Kalasan

Juara II

3.       

Zhang Wu Ming

SMA Katolik Santa Maria Malang

Juara III

4.       

Jonathan Toga Sihotang

SMA N 3 Semarang

Juara Harapan I

5.       

Habibur Rachman A.A

SMA N 2 Bangkalan

Juara Harapan II

6.       

Noor Hanifah Arrasyid

MAN 1 Yogyakarta

Juara Harapan III

7.       

Yuke Ismawati

SMAN 1 Playen

Nominator

8.       

Dewi Rizky Cahyani

SMAN 1 Jepara

Nominator

9.       

Lusiana

SMA N 1 Slahung Ponorogo

Nominator

10.   

Marchella Alifian Amin Lestiawan

SMAN 2 Surakarta

Nominator

Selamat kepada para pemenang, bagi yang belum mendapat peringkat, jangan menyerah dan tetap semangat. Sampai jumpa di kegiatan selanjutnya.

#bpnbdiy
#IKSB2022