Persiapan Festival Budaya Enggano 2015 Rampung

0
1889

Pemasangan spanduk festival
Pemasangan spanduk festival
Enggano – Panitia pelaksanaan Festival Budaya Enggano telah merampungkan segala persiapan yang dibutuhkan dalam festival. Hal itu tampak dari pekerjaan terakhir oleh panitia yaitu penaikan spanduk pelaksanaan masing-masing kegiatan di lokasi tempat perhelatan akan dilaksanakan. Tempat Festival sendiri akan dilaksanakan di Aula Kecamatan Enggano di Desa Apoho.

Melalui hasil-hasil rapat antara pemangku kegiatan dari BPNB Padang dengan masyarakat setempat telah terbentuk panitia lokal yang akan membantu proses persiapan acara hingga pada pelaksanaan. Panitia ini bekerja dalam beberapa tugas yang sudah dikonsep sebelumnya seperti sosialisasi kegiatan, penerimaan pendaftaran peserta festival, pemasangan spanduk dll. Bantuan pekerjaan ini cukup membantu panitia BPNB dalam proses pelaksanaannya, mengingat jarak yang jauh antara Kantor BPNB Padang dengan Pulau Enggano.

Sampai Sabtu (15/8), segala persiapan telah rampung. Tinggal pelaksanaan kegiatan. Pembukaan acara rencananya akan dilaksanakan Sabtu, 15 Agustus 2015 malam. Namun sebelum pembukaan dilaksanakan pada malam hari, kegiatan lomba kerajinan tradisional telah digelar pada siang harinya.

Festival Budaya Enggano secara langsung akan dibuka oleh Camat Enggano Bapak Marlansius. Acara pembukaan juga turut dihadiri oleh kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya padang Drs. Nurmatias, serta semua kepala suku yang ada di Pulau Enggano.

Festival ini akan menghelat empat acara yaitu Lomba kerajinan tradisional, Festival Lagu tradisional, Diskusi Budaya Enggano dan Lomba Permainan Tradisional. Lomba Kerajinan yang dilakukan pada siang sebelum acara dibuka akan mempertunjukkan kebolehan masing-masing suku yang ada Di Enggano dalam membuat beberapa kerajinan yang telah disepakati antara Panitia dengan kepala-kepala suku yang ada. Rencananya lomba kerajinan ini akan dibagi dalam tiga bentuk kerajinan yaitu lomba menganyam, lomba membuat gelang kaki dan lomba membuat perahu dan sampan.

Selesai acara pembukaan, acara selanjutnya adalah Festival Lagu Tradisional. Pada lomba ini panitia telah menetapkan lagu wajib yang berjudul ‘Dopok Enggano’ atau dalam bahasa Indonesianya berarti ‘Pulau Enggano’. Selain itu para peserta bebas memilih lagu untuk lagu pilihan
persiapan2
Acara selanjutnya adalah Diskusi Budaya Enggano. Acara ini akan dilaksanakan pada hari Senin, 18 Agustus 2015 dengan mengangkat tema Mempertahankan Budaya Enggano di tengah perkembangan Teknologi. Acara ini akan melibatkan Muspika Enggano, Para Kepala Suku dan warga Enggano.

Pada hari terakhir, kegiatan yang akan dilaksanakan adalah Lomba Permainan tradisional. Lomba permainan ini menjadi satu-satunya kegiatan Festival Budaya Enggano yang dilaksanakan bukan di tempat acara sebelumnya. Kegiatan ini akan dilaksanakan di tepi pantai Desa Meok. Permainan tradisional ini sendiri akan mempertandingkan empat permainan tradisional Enggano yaitu Tarik Rotan, Tolak Kayu, Gulat dan Meniti di atas buah kelapa.

– Mbn –