Festival Budaya Enggano 2015 Dibuka, Kepala BPNB Padang dan Camat Enggano Joget Bersama

0
1038

Camat Enggano membuka Festival Budaya Enggano
Camat Enggano membuka Festival Budaya Enggano
Enggano – Pembukaan Festival Budaya Enggano pada Sabtu (15/8) ditandai dengan joget bersama panitia festival, Camat, Kepala BPNB Padang, Kepala Suku dan Peserta Festival.Festival ini secara resmi dibuka secara langsung oleh Camat Enggano Marlansius. Pembukaan dilaksanakan di Aula Kantor Camat, Desa Apoho sekaligus pembukaan ini juga menjadi pembuka Festival lagu tradisional Enggano.
Kepala BPNB Padang joget bersama dengan Camat Enggano dan Ketua Panitia Festival
Kepala BPNB Padang joget bersama dengan Camat Enggano dan Ketua Panitia Festival

Dalam kesempatan itu Camat Enggano menyampaikan bahwa budaya Enggano harus dilestarikan. Dan yang paling bertanggungjawab dalam melestarikan budaya tersebut adalah orang Enggano sendiri. Beliau juga menekankan bahwa masyarakat Enggano harus punya jati diri, punya martabat dan jangan malu menjadi masyarakat Enggano. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan rasa terima kasihnya kepada BPNB Padang yang bersedia mengangkat kebudayaan Enggano dan akan mendukung sepenuhnya kegiatan Festival tersebut. Beliau juga berharap kegiatan Festival ini tidak hanya berlangsung tahun ini saja, tapi juga di tahun-tahun mendatang.

Sementara itu, Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Padang Drs. Nurmatias menyatakan perlu memunculkan kepribadian yang baik kepada generasi muda. Salah satu cara untuk memunculkan kepribadian baik tersebut adalah jangan meninggalkan budaya asli kita khususnya budaya Enggano, kemudian menggunakan budaya lain. Karena dalam budaya asli kita tersebut mengandung banyak nilai-nilai baik yang layak kita teladani.

Beliau menambahkan bahwa sebagai pulau terdepan Enggano melalui budayanya harus bisa menjadi salah satu pilar dalam menjaga keutuhan NKRI. Selain itu beliau juga berharap kegiatan-kegiatan semacam ini bisa menjalin silaturahmi dan tentu saja berlanjut. Sehingga kegiatan ini bisa bermanfaat dalam menjadikan kita berkembang bersama.

Sementara Paabuki sebagai pimpinan tertinggi kepala-kepala suku yang ada di pulau Enggano menyatakan sangat mendukung program ini karena dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini maka masyarakat Enggano tidak perlu kwatir untuk kehilangan budayanya. Momen ini hendaknya dijadikan sebagai awal kebangkitan dan pengenalan budaya Enggano ke khalayak luas.

-Mbn-