Peserta Jejak Tradisi Nasional BPNB Padang Diberangkatkan

0
1059

Peserta Jetrada/Foto:Reza
Peserta Jetrada/Foto:Reza
Padang (BPNB Padang) – Empat orang Peserta Jejak Tradisi Nasional (JETRANAS) dari Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Padang diberangkatkan. Keempat peserta tersebut merupakan peserta terbaik dari Jejak Tradisi Daerah di Kabupaten Muko-muko pada Mei lalu. Keempat peserta ini didampingi oleh Erricsyah, salah satu pegawai BPNB Padang. Mereka diberangkatkan pada hari senin, 10 Agustus 2015.

Adapun peserta yang diberangkatkan untuk mengikuti kegiatan ini antara lain:
1. Nugiarta Pratama dari SMA 1 Pagaralam, Sumsel
2. Iwa Salji Elbi Satria dari SMA 2 Mukomuko, Bengkulu
3. Ranti Tricia Putri dari SMA Pembangunan UNP Padang, Sumbar
4. Kartika dari SMA 7 Mukomuko, Bengkulu

Sebelum keberangkatan, keempat peserta telah mempersiapkan diri selama dua hari di kantor BPNB Padang untuk melatih atraksi kesenian yang akan mereka tampilkan pada pelaksanaan JETRANAS.
JETRANAS sendiri berlangsung selama 5 (lima) hari dari 10-14 Agustus 2015 di Kota Surabaya, dengan mengangkat tema ‘Keragaman Budaya Sebagai Pemersatu Bangsa’.

Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah mampu melestarikan kekayaan dan keragaman tradisi yang dimiliki bangsa Indonesia. Sebagaimana diketahui bahwa potensi kekayaan dan keragaman tradisi harus dikelola dengan baik agar tetap lestari dan memberi dampak positif bagi pendukungnya, termasuk bagi masyarakat yang mempelajarinya.

Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan dalam JETRANAS antara lain Observasi dan wawancara mengenai karya budaya, penulisan laporan dan presentasi hasil observasi.

Harapannya, dengan adanya kegiatan Jetranas ini masyarakat kita khususnya generasi muda tetap bisa mengenali tradisi bangsa yg sarat nilai budaya terutama kearifan lokal untuk memperteguh kebangsaan serta jati diri kita sebagai Bangsa Indonesia.

Untuk para peserta dari BPNB Padang, Kepala BPNB Padang Drs. Nurmatias berpesan agar para peserta bisa menjaga nama baik Keluarga, Sekolah, Tempat pelaksanaan Jetrada dan terutama BPNB Padang yang membawa peserta pada pelaksanaan JETRANAS.

-Mbn-