Gebyar Seni Budaya Multikultural Se-Indonesia Berlangsung Meriah

0
1221

Pessel – Gebyar Seni Budaya Multikultural pada 15 April 2018 berlangsung meriah. Ribuan warga memadati panggung utama Pantai Carocok, sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan. Hal ini tidak lepas karena malam ini, tim BPNB akan melakukan pertunjukan kesenian dari masing-masing daerah.

Sambutan Kepala BPNB Sumbar Drs. Suarman

Acara pembukaan dimulai pukul 19.00 Wib. Hadir dalam pembukaan tersebut Bupati Pesisir Selatan, Sekda Kabupaten Pesisir Selatan, Ketua DPRD, OPD, Kepala BPNB Seluruh Indonesia. Acara dimulai dengan laporan panitia dari  Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pesisir Selatan, selanjutnya sambutan Kepala BPNB Sumatera Barat Drs. Suarman dan pembukaan secara resmi oleh Bupati Pesisir Selatan H. Hendrajoni, S.H., M.H.

Bupati dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada BPNB Sumbar atas pemilihan Pesisir Selatan sebagai  lokasi pelaksanaan Gebyar Seni Budaya Multikultural. Menurut dia, bahwa kegiatan skala nasional umumnya diadakan di tingkat provinsi. Dia juga menekankan bahwa Pesisir Selatan ke depan akan selalu ambil bagian dalam kegiatan yang sama di tahun-tahun mendatang, dimanapun diadakan.

Setelah pembacaan laporan oleh ketua panitia, satu per satu tim kesenian menampilkan keseniannya. Dimulai dengan tim Aceh diwakili Sanggar Meurunoe Art menampilkan Pemulia Jame (Memuliakan Tamu) yaitu pengembangan dari tari tradisional Ranup Lampuan. Tari Pemulia Jame berarti memuliakan tamu dengan di sambut dan di sajikan ranup (sirih) dan makanan-makanan khas Aceh.

Setelah pembukaan, selanjutnya penyerahan plakat untuk Bupati oleh Bapak Kosasih, Kabag Hukum, Tata Laksana dan Kepegawaian Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kepala BPNB se Indonesia. Selanjutnya satu per satu tim kesenian tampil tanpa dijeda kegiatan lainnya