Gebyar Seni dan Budaya Multikultural se-Indonesia Siap Digelar

0
1545

Pessel – Gebyar Seni dan Budaya Multikultural se-Indonesia siap digelar. Segala persiapan sudah dimatangkan, mulai dari tata panggung, lighting,  tenda-tenda serta stand-stand pameran. Para pekerja tinggal mengerjakan finalisasi untuk segala sesuatunya siap digunakan pada saat pagelaran. Tim kesenian dari BPNB-BPNB se-Indonesia juga sudah berdatangan. Hanya beberapa yang belum tiba di Kabupaten Pesisir Selatan.

Menurut pengamatan kami, berbagai persiapan memang sedang dikerjakan. Para pekerja di berbagai tempat sedang sibuk menyelesaikan pekerjaannya masing-masing. Gerimis yang sedang melanda pantai carocok tidak menyurutkan semangat para pekerja untuk menyelesaikan dan memastikan bahwa segala sesuatunya siap digunakan besok saat pembukaan.

Di tempat lain panitia gebyar seni dan budaya juga sedang sibuk menyelesaikan berbagai pekerjaan yang harus diselesaikan. Mulai dari menyambut tamu yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, mengurusi penginapan peserta, konsumsi peserta serta pematangan teknis pelaksanaan kegiatan, dan berbagai pekerjaan yang dirasa penting. Hingga berita ini ditulis, tinggal satu tim BPNB yang belum tiba di Padang.

Sebagaimana direncanakan, Gebyar Seni Dan Budaya Multikultural akan dilaksanakan pada Minggu-Sabtu, 15-21 April 2018. Rencananya kegiatan ini akan dibuka secara langsung oleh Bupati Pesisir Selatan H. Hendrajoni, SH, MH. Selama sepekan penuh, berbagai acara akan digelar seperti pawai budaya multikultural, pagelaran kesenian baik yang tradisioanal maupun yang kreasi, pertunjukan maelo pukek, serta pameran.

Sebanyak 11 Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) se-Indonesia akan terlibat dalam kegiatan tersebut. Mereka terlibat dalam pawai budaya serta pertunjukan kesenian. Masing-masing BPNB akan menampilkan pakaian tradisional daerah masing-masing dalam pawai. Selain itu, mereka juga membawa sanggar-sanggar seni yang akan membawakan kesenian khas daerah masing-masing.

Selain 11 BPNB, beberapa Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayan juga turut terlibat dalam pameran. Beberapa UPT tersebut adalah BPNB Sumatera Barat, BPCB Sumatera Barat, Museum Sumpah Pemuda, Balai Arkeologi Medan, Balai Bahasa Sumatera Barat dan Museum Perumusan Naskah Proklamasi.

Kegiatan ini terlaksana atas kerja sama Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumatera Barat dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan.(FM)