Pawai Pakaian Daerah Meriahkan Gebyar Seni Budaya Multikultural (2)

0
3909
Pakaian daerah Sulsel, Foto. Firdaus

Balai Pelestarian Nilai Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta menampilkan pakaian pria yaitu Surjan motif kembang. Biasanya digunakan pada acara adat: Surjan motif kembang secara adat merupakan pakaian khusus untuk raja. Surjan motif yang digunakan oleh selain raja adalah surjan motif lurik. Selain itu, ada juga pakaian wanita yang disebut dengan kebaya. Kebaya umumnya digunakan sebagai pakaian harian wanita Jawa.

Pakaian daerah Jogya, Foto. Firdaus

Balai Pelestarian Nilai Budaya Kalimantan Barat juga tidak ketinggalan, mereka mengenalkan pakaian Dayak Kanayant, yaitu pakaian yang biasa digunakan pada acara Acara adat dan pesta menyambut tamu.

Pakaian daerah Kalbar, Foto. Firdaus

Balai Pelestarian Nilai Budaya Bali mempergunakan pakaian adat modifikasi daerah kabupaten karangasem Bali yang sering digunakan untuk acara pernikahan. Ciri khasnya terletak pada hiasan kepala wanita menggunakan mahkota hiasan bunga Bali dan pria menggunakan destar atau udeng.

Pakaian daerah Bali, Foto. Firdaus

Balai Pelestarian Nilai Budaya Sulawesi Utara mengenakan pakaian adat  Suku mongondon yang berada di Kabupaten Balang Mangondon Raya Provinsi Sulawesi Utara. Pakaian suku Mongondon biasa digunakan untuk menjemput tamu kebesaran. Pakaian Mongondon pria disebut baniang, terdiri dari kain momerus, topi mogilenso, dan salimpalan. Sementara pakaian wanita disebut salu,  terdiri dari hanse, sunting kepala, bunga kepala.

Pakaian daerah Maluku, Foto. Firdaus

Balai Pelestarian Nilai Budaya Maluku mengenalkan pakaian adat khas Maluku yang disebut dengan baju cele, yaitu pakain sehari-hari masyarakat Maluku Tengah, baju tutup rumah dari Maluku Tenggara, kebaya dansa untuk pria dan nona rok untuk wanita. Pakaian ini digunakan pada acara pesta orang Maluku Tengah dan biasa dipakai masyarakat kasta atau golongan atas. Sedangkan kain kebaya untuk wanita maluku tengah untuk semua kalangan sebagai pakaian pesta adat.

Pakaian daerah Papua, Foto. Firdaus

Balai Pelestarian Nilai Budaya Papua memperkenalkan kostum balada cenderawasih. Konstum ini biasa digunakan pada acara-acara adat. Balai Pelestarian Nilai Budaya Sulawesi Selatan mengenalkan pakaian adat Sulawesi Selatan yang disebut dengan “Ma’bulo Sibatang”. Mereka menghadirkan sekaligus busana empat suku bangsa yang ada di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Ke-empat etnis tersebut yaitu Bugis, Makassar, Mandar dan Toraja. Keempat etnis ini memberi sumbangsih pada keberagaman budaya yg ada. Keempat etnis ini memiliki ciri khas yang unik dan berbeda, termasuk busana, musik dan gerak tari yg pada kesempatan ini dihadirkan dalam pawai.

Pakaian daerah Sulsel

Sebelumnya ….