Festival Seni Tradisi Minangkabau

0
2717
Tari Indang

Padang (BPNB Sumbar) – Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumatera Barat menggelar Festival Seni Tradisi Minangkabau pada 26 November dan 3 Desember 2016. Festival ini diadakan di Depan Kantor BPNB Sumatera Barat di Jl. Raya Belimbing No. 16 A, Kuranji Padang. Acara yang disaksikan oleh ratusan warga sekitar ini diikuti beberapa penampilan dari beberapa Kabupaten/Kota yang ada di wilayah Sumatera Barat seperti Pesisir Selatan, Solok, Padang Pariaman dan Kota Padang. Secara resmi pembukaan dilakukan oleh Kepala BPNB Sumatera Barat Bapak Jumhari, SS.

Pembukaan oleh Kepala BPNB Sumbar Bapak Jumhari, SS
Pembukaan oleh Kepala BPNB Sumbar Bapak Jumhari, SS

Festival Seni Tradisi Minangkabau adalah salah satu kegiatan Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat yang bertujuan mewadahi sanggar-sanggar seni untuk menampilkan kesenian tradisional mereka. Seperti diketahui bahwa ada begitu banyak sanggar seni yang mencoba tetap eksis dalam melestarikan kesenian dan tradisi lokal namun kurang wadah untuk menampilkannya. Kondisi tersebut juga diperparah dengan semakin massifnya ekspansi kesenian modern yang kemudian menghilangkan gaung kesenian tradisional. atas dasar itu, maka BPNB Sumatera Barat mencoba memfasilitasi penampilan sanggar-sanggar tersebut dengan mengadakan festival seni tradisi.

Tari Piring Rantak Kudo
Tari Piring Rantak Kudo

Selain itu, kegiatan festival ini juga dimaksudkan untuk memastikan bahwa bantuan pemerintah kepada sanggar-sanggar berupa fasilitasi pelestarian nilai budaya adalah tepat sasaran. Sehingga, para peserta dalam festival ini adalah sanggar-sanggar yang telah mendapatkan bantuan fasilitasi pelestarian nilai budaya dari BPNB Sumatera Barat. Beberapa sanggar yang ikut tampil dalam kegiatan festival ini adalah Sanggar Limo Lunggo dan Tuah Sarumpun dari Kabupaten Solok, Sanggar Tigo Jangko dari Kabupaten Tanah Datar, Sanggar Sarai Sarumpun dari Kabupaten Pesisir Selatan, dan dari Nagari Sintuak. Sanggar-sanggar tersebut menampilkan beberapa kesenian tradisional seperti Tari Piring, Silek/silat, Pidato adat dan Tari Indang.

Tari Indang
Tari Indang

Sebagai informasi bahwa Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat sebagai UPT Pusat telah diamanahkan menyalurkan bantuan fasilitasi pelestarian nilai budaya. Hingga saat ini sudah banyak sanggar-sanggar yang telah diberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan masing-masing sanggar, tentu saja dalam hal pelestarian nilai-nilai tradisi.

Silat
Silat

Acara ditutup dengan pertunjukan Randai.

Randai
Randai