Pengumuman Sepuluh Nominasi Terbaik Lomba Karya Ilmiah 2016

0
1862

Padang (BPNB Sumbar) – Setelah melewati tahapan penilaian, akhirnya dewan juri menetapkan sepuluh nominasi terbaik Lomba Penulisan Karya Ilmiah Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat 2016. Keputusan ini diambil dengan melihat pemenuhan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya. Ketupusan ini juga murni hak prerogatif dewan juri dan tidak ada intervensi dari pihak manapun. Kesepuluh nomisasi terbaik tersebut antara lain:

  1. Ella Karolina (Universitas Sriwijaya): Cerminan Multikurtural Dalam Kain Songket Palembang.
  2. Prendi Niki Halhaji & Ari Saputra (Universitas Bengkulu): Explorasi Sejarah, Prosesi, dan Nilai-nilai Luhur Upacara Perkawinan Adat Bimbang Makan Sepagi dalam suku Serawai Sebagai Warisan Budaya Bangsa di Kabupaten Bengkulu Selatan.
  3. Rahma Yenti (Universitas Andalas): Tradisi Mayuan dan Membayar Nazar di Pacuan, Kec. Rao Kab. Pasaman.
  4. Rigo Firmanto (Universitas Sriwijaya):  “Thongin Fangin Tjitjong “ Ungkapan Pemersatu Ragam Masyarakat di Pulau Bangka Propinsi BABEL.
  5. Rian Fauzi (Universitas Negeri Padang): Nilai Kearifan Lokal Lauak Baniek Studi Kasus : Pada Masyarakat Sungai Durian Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman terhadap Konservasi Alam Khususnya Aliran Sungai.
  6. Tresno (Universitas Andalas): Jaminan Sosial Tunggu Tubang : Revitalisasi Pluralisme Kekerabatan di Indonesia (Studi Kasus di Desa Ulak Lebar Kab. Kaur Prop. Bengkulu.
  7. Rizkan (Universitas Andalas): Interpretasi dan Naratifikasi Mantra di Muko-Muko sebagai Pengenalan Budaya dan Kearifan Lokal Bagi Generasi Penerus Muko-Muko Dalam Menghadapi Era Globalisasi.
  8. Renita Agustina (Universitas Sriwijaya): Pemaknaan Budaya Gelar Adat Dalam Upacara Perkawinan Adat Masyarakat Komering Belitang OKU Timur Sebagai Perwujudan Kemajemukan Indonesia.
  9. Muhammad Fajri (Universitas Andalas): Kapuran Sebagai Ciri Khas Etnis Minangkabau dalam Manjapuik Marapulai.
  10. Sukirno (Universitas Bengkulu): Tari Piring Gelas Sebagai Bentuk Kehati-hatian dalam Bersikap dan Rasa Saling Percaya Masyarakat Kab. Musi Rawas Sumatera Selatan.

Kesepuluh nominasi terbaik ini selanjutnya dinyatakan berhak dan layak untuk mengikuti seleksi tahap akhir. Tempat pelaksanaan seleksi terakhir akan dilaksanakan di Hotel Daima, Padang pada tanggal 08 Desember 2016. Seleksi tersebut untuk menyaring peserta terbaik I – III dan Harapan I – III. Dalam seleksi tahap akhir ini kesepuluh nominasi diundang untuk mempresentasikan karyanya di depan peserta dan juga dewan juri.

Adapun kriteria penilaian dalam seleksi ini adalah Efektifitas Slide (maksimal 10 Slide), penguasaan materi KTI, Kualitas dalam menjawab pertanyaan dan penampilan. Total  waktu penampilan diberikan  sekitar 30 menit dengan rincian presentasi 10 menit dan diskusi 20 menit. Setiap peserta juga diminta untuk mengenakan almamater dalam presentasi.

Untuk informasi lebih lanjut dapat hadir di Kantor Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat atau menghubungi ketua panitia Bapak Hasanadi, SS.