PENUTUPAN PERGELARAN BUDAYA NUSANTARA BPNB PAPUA TAHUN 2022 DI PANTAI WISATA KHALKOTE SENTANI TIMUR

0
60

Jayapura, Pergelaran Budaya Nusantara Tahun 2022 yang dilaksanakan di Pantai Wisata Khalkote Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura, semalam (30/07/2022) ditutup oleh Plt.Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Papua.

Pergelaran Budaya Nusantara tahun ini mengusung tema “Harmoni Budaya Mempersatukan Bangsa” merupakan program tahunan dari kantor BPNB Papua yang tahun ini diadakan di Kabupaten Jayapura setelah beberapa tahun sebelumnya digelar di Kota Jayapura. Kegiatan yang dimaksudkan memberi ruang bagi para pelaku budaya khususnya seni untuk mengekpresikan karya mereka dan juga sebagai bentuk pelestarian nilai-nilai budaya yang terkandung dalam seni khsusnya musik dan tari tradisi. Dari pergelaran menumbuhkan rasa perekat bangsa dengan untaian ragam seni yang berbebeda namun dipersatukan satu gerak irama harmoni dalam ikatan persatuan bangsa.

Setelah berlangsung selama tiga hari dengan menampilkan 30 komunitas sanggar seni di Kabupaten Keerom, Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura. Semalam setelah tampilan 8 komunitas sanggar seni, dilakukan acara pentupan sebelum sanggar akoustik Konak menutup rangkain pergelaran budaya. Dessy Polla Usmany, S.S selaku Plt. Kepala BPNB Papua dalam sambutan penutupan Pergelaran Budaya Nusantara Tahun 2022 kembali menegaskan pentingnya event atau ajang-ajang pergelaran seperti ini digelar setiap daerah  sebagai ruang tempat bagi komunitas sanggar seni untuk menampilkan atau mengekspresikan hasil karya mereka sebagai bentuk kecintaan terhadap budaya mereka. Acara penutupan ditutup dengan doa yang disampaikan oleh Yehezkiel Indamarey.