Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XXII Papua Menggelar Kegiatan Pergelaran Budaya Nusantara 2023

0
205

Jayapura – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendibudristek) melalui Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XXII Papua mengadakan kegiatan Pergelaran Budaya Nusantara. Kegiatan ini merupakan program kerja tahunan BPK Wilayah XXII Papua dengan menampilkan pertunjukkan dari 30 sanggar tari dan musik nusantara. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dari tanggal 22-24 September 2023 dan berlokasi di PTC Entrop, Jayapura Provinsi Papua dalam event Numbay Creative Festival 2023. BPK Wilayah XXII Papua juga menghadirkan stand Pameran Buku Hasil Penelitian Sejarah dan Budaya koleksi BPK Wilayah XXII Papua yang cukup menarik perhatian sebagian warga pengunjung karena buku-buku ini bisa didapatkan secara gratis tanpa dipungut biaya.

Kepala BPK Wilayah XXII Ibu Desy Polla Usmany, S.S., M.Sos. dalam kata sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini  merupakan upaya pelestarian nilai budaya sekaligus bentuk apresiasi terhadap kebudayaan daerah. Kegiatan ini bermanfaat bagi para seniman terutama generasi penerus untuk mencintai budayanya. Selain itu,  beliau menambahkan “Sebenarnya bila kita melihat di Papua ada segala suku bangsa. Kita bisa melihat bagaimana kerukunan kita di Papua tetap terjaga, sehingga kita menari dan menyanyi untuk Indonesia. Dari sinilah, Papua dapat dikatakan sebagai Indonesia mini yang mempunyai tingkat toleransi yang tinggi antar suku, budaya dan agama dengan berbagai keberagaman yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.”

Ibu Desy juga mengapresiasi anak-anak muda di kegiatan ini yang merupakan generasi penerus pelaku kebudayaan khususnya di tanah Papua. Ibu Desy berharap untuk ke depannya kegiatan ini dapat terus bersinergi dalam kolaborasi antara BPK Wilayah XXII Papua yang merupakan UPT dari Kemendibudristek, Kemenparekraf, Pemprov Papua dan Pemkot Jayapura sebagai stakeholder terkait karena anak-anak muda merupakan pewaris dan harapan kita untuk masa depan kebudayaan Papua.

Ketua Numbay Creative Forum Bapak Deny Jackson menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan momentum bersejarah untuk anak-anak muda dan pelaku ekonomi kreatif di Kota Jayapura Provinsi Papua. Dengan mengusung tema “Connecting Creativities”, dimaksudkan untuk membuat koneksi sebagai dasar dalam membangun jejaring kreatif di Jayapura. Event Numbay Creative Festival 2023 ini juga termasuk dalam TOP 10 Kharisma Event Nusantara (KEN).

Berikut adalah daftar nama sanggar tari dan musik yang tampil di dalam kegiatan Pergelaran Budaya Nusantara 2023:

  1. Pace Akustik
  2. Sanggar Sefaser
  3. Sanggar Chekarita
  4. Sanggar Tari Setyo Budoyo
  5. Sanggar Tari Mooi
  6. Sanggar Anggrek Papua
  7. Sanggar Kena’u Embai
  8. Sanggar Konak Akustik
  9. Sanggar Seni Vans Palara
  10. Sanggar Isela Faa
  11. Sanggar Musik Toraja
  12. Sanggar Phukhouw
  13. Sanggar Jerery Renay
  14. Sanggar Ikatan Pemuda Gowa-Takalar
  15. Sanggar Remkes
  16. Sanggar Seni Budaya Pasundan
  17. Sanggar Teun Badem
  18. Sanggar Sekar Tanjung
  19. Sanggar Langen Budaya
  20. Sanggar Akustik Vakalas
  21. Sanggar Suling Bambu Katora
  22. Sanggar Lewo
  23. Sanggar Mahikay
  24. Sanggar Singoludro
  25. Sanggar Saruntawaya
  26. Sanggar Kaiomoni
  27. Sanggar Embun Cyclop
  28. Sanggar Black Paradise
  29. Sanggar Oyandi
  30. Sanggar Anak Kammpong