WAKIL BUPATI JAYAPURA MEMBUKA PERGELARAN BUDAYA NUSANTARA DI PANTAI WISATA KHALKOTE

0
77
Wakil Bupati Jayapura (batik merah memegang mike) Memukul tifa di dampingi Kapolres Jayapura dan plt Kepala BPNB Papua Dessy Polla Usmany saat membuka Pergelaran Budaya Nusantara di Pantai Wisata Khalkote Sentani Timur Kabupaten Jayapura

Jayapura, Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro membuka Pergelaran Budaya Nusantara di Lokasi Pantai Wisata Khalkote Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura, Kamis  (28/07/2022). Pergelaran budaya nusantara dengan tema “Harmoni Budaya Mempersatukan Bangsa” dilaksanakan oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Papua.

Setelah sambutan dari Ketua panitia Sibanirta Dikmen dan plt Kepala BPNB Papua Dessy Polla Usmany, SS, Wakil Bupati Kabupaten Jayapura Giri Wijayantoro  menyampaikan sambutan pembukaan Pergelaran Budaya Nusantara. Giri Wijayantoro dalam sambutannya apresiasi dan terima kasih kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI yang telah memfasilitasi penyelenggaraan Pergelaran Seni Budaya Nusantara Tahun 2022 yang secara teknis dilaksanakan oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Papua. Dan memandang ajang ini sangat tepat dilaksanakan sebagai upaya dalam menggali, membina, dan mengembangkan, serta melestarikan potensi seni budaya kita yang didalamnya memiliki nilai-nilai moral dan etik termasuk nilai-nilai kearifan lokal yang memotifasi terutama generasi muda yang berkarakter mulia berguna bangi bangsa dan negara. Beliau mengakui kondisi saat ini dengan perkembangan yang terjadi di berbagai sektor, perlunya kesadaran akan pentingya hidup berdampingan berinteraksi dan gotong royong sebagai akar perwujudan harmoni kebersamaan menjadi perekat sosial yang efektif tanpa memandang suku dan agama.

Di akhir sambutan beliau menyampaikan terima kasih kepada penyelenggara BPNB Papua dan para seniman untuk terus semangat berkreasi. Setelah sambutan beliau membuka Pergelaran Budaya Nusantara dengan mengajak Kapolres Jayapura, plt Kepala BPNB Papua untuk bersama memukul waku/tifa sebagai tanda dimulainya Pergelaran Budaya Nusantara Tahun 2022 di pantai wisata Khalkote Sentani Timur Kabupaten Jayapura.

Setelah pembukaan dilanjutkan dengan tampilan 10 komunitas sanggar seni yang di awali dengan akoustik musik lagu daerah papua oleh Group Oyandi yang datang dari Koya Koso Muara Tami Kota Jayapura.