Seminar Proposal Penelitian : Presentasi Hari Kedua

0
54

Hari kedua, pada Rabu (24/2/21) seminar proposal penelitian diawali dengan pengantar umum bidang budaya yang dilaksanakan secara luring. Sebagai narasumber dalam kajian budaya ini yaitu Dr. Herry Yogaswara, M.Sc,  dari Pusat Penelitian Kependudukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Setelah pengantar dari narasumber, acara dilanjutkan dengan presentasi proposal penelitian oleh tim peneliti BPNB Kalimantan Barat bidang budaya. Ada 4 (empat)proposal kajian budaya yang ditampilkan pada seminar di hari kedua ini. Keempat proposal tersebut dibagi menjadi 2 (dua) sesi yang dilaksanakan secara panel.

Pada sesi pertama ini, menampilkan 2 (dua) tim penyaji yaitu penyaji pertama adalah Benedikta Juliatri Widi Wulandari, S.Sos dan Septi Dhanik Prastiwi, S.Ant dengan judul Perempuan Adat Penjaga Kajian Tentang Peran Perempuan Kayaan Mendalam di Kapuas Hulu (Kalimantan Barat) dalam Pemeliharaan Kebudayaan. Ti m penyaji selanjutnya adalah  Neni Puji Nur Rahmawati, S.Si dan Sisva Maryadi, S.Sos. yang mengangkat judul  Komunitas ADat Dayak Halong dan Pelestarian Peralatan Tradisional “Arangan” di Kabupaten Balangan, Kalsel.

Pada sesi kedua, menampilkan M. Natsir,S.Sos, M.Si dan Moch. Andre WP, S.Sos sebagai  penyaji . mereka  menyampaikan proposalnya masing-masing karena tulisan mereka berbentuk bunga rampai. Adapun judul proposal dari M. Natsir, S.Sos, M. Si yaitu Upacara Adat Tradisi Nyapat Taon Sukadana Kabupaten Kayong Utara dan  Moch. Andre WP, S.Sos mengkaji tentang Memahami Makna- Makna Simbolik, Fungsi dan Perubahan Prosesi Semah Laut Karimata. Di akhir dari persentasi masing-masing penyaji kemudian dilanjutkan dengan diskusi serta review narasumber.

Kemudian dilanjutkan dengan penyaji kedua dari sesi kedua ini yaitu Drs. Poltak Johansen, M.Si  dan Donatianus BSEP, M. Hum. Dalam presentasi ini, proposal yang diangkat berjudul Religi Komunitas Adat Dayak Salako Desa Bagak Sahwa, Singkawang Timur, Kota Singkawang. Hal serupa juga terjadi pada sesi kedua ini, setelah presentasi dari penyaji dilanjutkan dengan diskusi dan review dari narasumber. Kemudian dilanjutkan dengan foto bersama antara narasumber dan peserta.

TINGGALKAN KOMENTAR