Presentasi Hari Pertama dalam Seminar Proposal Penelitian BPNB Kalbar Tahun 2021

0
47
Pelaksanaan Seminar Proposal Hari Pertama Bidang Sejarah di Hotel Ibis Pontianak (23/2/21)

Pada waktu yang sama, Selasa (23/2/21) usai acara pembukaan, seminar proposal penelitian dilanjutkan dengan persentasi proposal  dari penyaji pertama pada sesi pertama yaitu mengenai kajian sejarah. Sebelum acara persentasi proposal dari penyaji, terlebih dulu diawali dengan pengantar umum Kajian Sejarah yang dilaksanakan secara daring. Sebagai narasumber dalam kajian sejarah ini yaitu Dr. Didik Pradjoko, M.Hum, Dosen Departemen Sejarah, Fakultas of Humanities Universitas Indonesia.

Pada sesi pertama ini, penyaji pertama adalah Dra. Lisyawati Nurcahyani, M.Si dan Dana Listiana, MA. Dalam kesempatan ini, proposal penelitian yang diangkat oleh penyaji berjudul Menelusuri Jejak Rempah di Bumi Tambun Bungai Propinsi Kalimantan Tengah. Pada kesempatan yang sama untuk penyaji kedua, proposal penelitian di presentasikan oleh Dra. Juniar Purba, M.Si dan Yusri Darmadi, S.S yang berjudul Perkapalan Rempah di Perairan Timur Kalimantan Abad XVI-XVII :  Dinamika Perdagangan Maritim. Di akhir dari persentasi masing-masing penyaji, kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dari peserta yang hadir serta review narasumber.

Pengantar umum mengenai inventarisasi tokoh sejarah mengawali acara seminar proposal penelitian sesi kedua di hari pertama.  Sebagai narasumber inventarisasi tokoh sejarah ini yaitu Dr. Andi Achdian, Pengurus Pusat Masyarakat Sejarawan Indonesia. Selanjutnya presentasi  mengenai Inventarisasi tokoh sejarah oleh Dana Listiana, MA dan Dra. Lisyawati Nurcahyani, M.Si, yang berjudul Sosok di Balik Gerakan Pemuda Dayak di Kalimantan Tengah Tahun 1940an-1950an. Hal serupa juga terjadi pada sesi kedua ini, setelah presentasi dari penyaji dilanjutkan dengan diskusi dan review dari narasumber yang juga dilaksanakan secara daring. Kemudian dilanjutkan dengan foto bersama antara narasumber dan peserta.

TINGGALKAN KOMENTAR