Presentasi Hari Kedua dalam Seminar Hasil Penelitian (Tahap 2)

0
205

Seminar Hasil penelitian (Tahap 2) ini, digelar serupa dengan kegiatan seminar tahap pertama. Seminar kali inipun dilaksanakan secara daring dan luring. Di hari kedua, pada Rabu (9/12/20) kegiatan seminar ini bukan untuk mengkritisi hasil kajian dari sebuah tulisan melainkan kritisi atas film dokumenter yang telah dilakukan oleh tim dari BPNB Kalimantan Barat beberapa waktu yang lalu. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring dan diawali dengan pengantar umum dari kedua narasumber yaitu  materi content video untuk data dukung  usulan penetapan Warisan Budaya Takbenda (WBTB) oleh Dr. H. Abdul Latief Bustami, M.Si, (Dosen Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang dan Tim Ahli WBTB Kemdikbud), dan dilanjutkan pengantar umum teknik perekaman dan dokumenter oleh Gunawan Budi Susilo Gunawan Budi Susilo (Produser Dokumentary Special Program dan Digital Content TV One).  

Selanjutnya pemutaran film yang disaksikan oleh para peserta. Peserta dihadiri dari kalangan mahasiswa, komunitas film, budayawan dan praktisi film. Pemutaran film hasil perekaman sekaligus review atas karya tersebut. Sebelum dimulai pemutaran film, masing-masing tim menyampaikan hal-hal yang terkait dengan aktivitas selama dalam di lapangan kemudian dilanjutkan pemutaran film.  

Usai pemutaran film, acara dilanjutkan dengan apresiasi dan tanggapan dari para peserta terhadap tiga film yang telah disuguhkan tersebut. Akhirnya, masing-masing film yang telah dihasilkan tersebut  di review oleh kedua narasumber terkait di bidang mereka masing-masing. Sebagai akhir acara adalah foto bersama antara narasumber dan peserta.