Lima Pergelaran Seni Budaya yang Digelar Pada Hari Kedua Pekan Seni Budaya

0
560

Hari kedua Pekan Seni Budaya BPNB Kalimantan Barat Tahun 2020 digelar dengan menampilkan seniman berasal dari beberapa kabupaten/kota di Kalimantan Barat. Adapun kesenian yang ditampilkan dalam pengambilan gambar yang berlangsung dari pagi hingga malam hari ini dengan mata acara  pembacaan puisi, tanjidor, pantun, dan tari.

Pembacaan Puisi Pada Pekan Seni Budaya BPNB Kalbar

Pengambilan gambar dilakukan secara outdoor dan indoor yang dilaksanakan di dua tempat berbeda yaitu aula dan halaman belakang BPNB Kalimantan Barat. Sebagai pembuka acara pergelaran  ini adalah baca puisi, yang diadakan pada hari, Minggu (13/12/2020) bertempat di aula BPNB Kalimantan Barat. Peserta yang turut dalam pergelaran baca puisi ini sebanyak 15 orang dan diirngi dengan 2 orang pemain musik latar baca puisi itu. Dengan suara lantang dan diiringi alunan musik yang merdu, secara bergantian para pembaca puisi membawakan puisi diantaranya berjudul Selamat Pagi Indonesia karya Sapardi Djoko Damono, Kerawang Bekasi karya Chairil Anwar, Kembalikan Indonesia Padaku karya Taufik Ismail.  

Setelah pembacaan puisi, pengambilan gambar dilanjutkan dengan kesenian tanjidor yang dilaksanakan secara outdoor. Sebanyak 3 (tiga) grup tanjidor tampil untuk mengisi kegiatan yang bertemakan “Pelestarian Seni Budaya di Tengah Pandemi” ini. Masing-masing group tanjidor membawakan tiga lagu yang bertemakan 1 lagu nasional dan 2 lagu daerah. Ketiga lagu yang dimainkan oleh masing-masing group tanjidor tersebut, yaitu  Berkibarlah Benderaku, Balek Kampong, dan Darilasaeng (Group Tanjidor Setia Kawan Pontianak), Bangun Pemuda Pemudi, Kopi Pancong, dan Cik Cik Periok (Group Tanjidor Nambers Pontianak), serta Maju Tak Gentar, Kote Pontianak, dan Cak Uncang (Group Galaherang Pontianak).

Pantun oleh Grup Menanjak, Kab. Kubu Raya

Pergelaran berbalas pantun merupakan pengambilan gambar secara outdoor selanjutnya. yang diikuti oleh 3 group terdiri dari Grup Bangsawan Pontianak, Grup S2AB Pontianak, dan Grup Menanjak Kubu Raya.  Usai berbalas pantun, pada malam harinya di tempat yang sama pengambilan gambar dilanjutkan dengan penampilan tari dari 3 sanggar yang ada di Kota Pontianak. Ketiga sanggar tersebut adalah Sanggar Bougenville (Tari Bersuke Rie), Sanggar Warisan Budaya (Tari Tampun Juah), dan Sanggar Kijang Berantai (Tari Meriam Padam Pelite dan Tari Enggang Gading).

Pelaksanaan perekaman kegiatan Pekan Seni Budaya BPNB Kalimantan Barat Tahun 2020 yang telah dilaksanakan sebelumnya, dapat disaksikan pada Youtube Balai Pelestarian Nilai Budaya Kalimantan Barat.