BPNB Provinsi Kalimantan Barat “Bekerja Seraya Berwisata”

0
346

Setelah setahun kesibukan dengan rutinitas pekerjaan yang padat, Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Kalimantan Barat mengadakan penyegaran melalui kegiatan bertajuk Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia dan Evaluasi Program Kegiatan BPNB Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2022. Kegiatan ini berlangsung di Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Sambas dari tanggal 5 – 8 Desember 2022.

Rangkaian acara kegiatan yang diikuti oleh seluruh staf baik PNS dan honorer ini diawali dengan kegiatan evaluasi  dan realisasi anggaran BPNB Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2022 bertempat di aula Hotel Lala Golden yang dilaksanakan pada malam harinya tanggal 5 Desember 2022. Kemudian dilanjutkan pada Selasa, 6 Desember 2022 semua peserta berkunjung ke objek wisata Riam Parangek yang berada di Dusun Segonde Desa Pisak Kecamatan Tujuh Belas Kabupaten Bengkayang. Dengan keindahan hutan tropis yang masih terjaga dan air yang sangat deras, sehingga membuat hampir seluruh staf mengikuti arung jeram yang sangat asik dan menantang.

Rabu, 7 Desember 2022 pada pukul 08.00 Wib, peserta meninggalkan Hotel Lala Golden Kabupaten Bengkayang untuk melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Sambas. Ada dua tempat di kunjungi, Aruk  Kecamatan Sajingan Besar Kabupaten Sambas, yang merupakan area perbatasan Indonesia – Malaysia. Disini kami hanya bisa berfoto-foto di depan pintu gerbang perbatasan Indonesia – Malaysia, dikarenakan melewati pintu gerbang harus menggunakan paspor.

Pada hari yang sama, perjalanan dilanjutkan menuju objek wisata Riam Sunge Banokng, Sajingan Besar, Aruk, yang merupakan objek wisata terakhir yang dikunjungi. Disini banyak sekali bebatuan yang tersusun di tengah-tengah aliran sungai yang sangat jernih dan dingin, serta pepohonan hijau disekitarnya. Setelah mengunjungi Riam Sunge Banokng, rombongan BPNB Provinsi Kalimantan Barat kembali ke Hotel Sambas Indah sebagai tempat menginap di Kabupaten Sambas.

Serangkaian kegiatan dari awal hingga akhir berlangsung dengan seru dan lancar. Dengan adanya kegiatan ini agar dapat tercipta hubungan kekeluargaan di lingkungan BPNB Provinsi Kalimantan Barat.