Kunjungan Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak Dalam Rangka Kuliah Kerja Lapangan 1

0
312

Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XII pada Senin, 12 Desember 2022 menerima kunjungan dari mahasiswa IKIP PGRI Pontianak dalam rangka Kuliah Kerja Lapangan 1 (KKL 1). Kedatangan mereka dimaksudkan untuk menonton film dan berkunjung ke perpustakaan untuk mencari referensi yang mereka butuhkan. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah ini langsung menuju gedung bioskop yang disambut oleh  Any Rahmayani, S.S., (Pamong Budaya Ahli Muda Bidang Kesejarahan) dan Tutup Kuncoro, S.Sn., (Pengelola Data Nilai Budaya).

Di bioskop BPNB, mahasiswa yang berjumlah 42 orang dan didampingi 7 dosen ini diputarkan film Bedudu. Bedudu merupakan seni tutur masyarakat Dayak Desa di Betang Ensaid Panjang Kabupaten Sintang. Seni tutur Bedudu ini merupakan bentuk pertunjukan seni tradisi yang berisi penuturan atau penyampaian teks sastra secara lisan oleh beberapa orang pemain/penutur kepada khalayak/penonton, dengan menggunakan tempat pertunjukan di betang maupun di luar betang. Tidak hanya materi tentang budaya saja yang diterima oleh mahasiswa semester 3 ini, dan juga mereka mendapatkan penjelasan tentang sejarah dan Bedudu yang merupakan salah satu karya budaya dan telah ditetapkan sebagai salah satu Warisan Budaya Takbenda Indonesia. Akhir menonton film, mereka diberikan buku hasil penelitian Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XII bagi yang bisa menjawab pertanyaan.

Usai menonton film mereka menuju perpustakaan yang disambut oleh Any Rahmayani, S.S., dan didampingi staf perpustakaan. Selain mendapatkan penjelasan mengenai buku-buku yang ada, mereka juga melakukan tanya jawab terkait tentang sejarah khususnya Kalimantan Barat.