BPNB Prov. Kalbar Ikut Serta Dalam Perlombaan Kuliner Khas Kalbar

0
83

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat menggelar Festival Budaya Kalimantan Barat tahun 2022 yang bertajuk Merdeka Berbudaya. Banyak sekali rangkaian kegiatan yang diadakan pada festival tersebut baik itu perlombaan maupun  penampilan kebudayaan. Salah satu rangkaian kegiatan yang diadakan yaitu perlombaan kuliner khas Kalimantan Barat yang diadakan pada Rabu, 2 November 2022, bertempat di SMK Negeri 5 Kota Pontianak.

Peserta yang ikut dalam kegiatan perlombaan kuliner khas Kalbar tersebut berjumlah 23 dari 27 tim yang mendaftar. Mereka berasal dari kabupaten /kota di Kalimantan Barat  diantaranya instansi , umum, dan SMA/SMK.  Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Kalimantan Barat merupakan salah satu tim yang ikut serta berpartisipasi dalam festival tersebut. Pada kesempatan ini,  tampil 2 orang staf BPNB Provinsi Kalimantan Barat yaitu Siti Aisyah dan Sri Astrayani yang menunjukkan kebolehannya dalam memasak kuliner khas Kalimantan Barat. Hidangan yang disajikan dalam perlombaan ini terdiri dari hidangan pembuka  berupa kue batang burok, hidangan utama berupa nasi, ikan asam pedas, sayuk keladi, dan tidak lupa sambal ikan teri sebagai penikmat hidangan makanan.  Puding yang dilapisi buah pepaya sebagai hidangan penutup yang dilengkapi dengan air lidah buaya.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat Rita Hastarita, S.Sos, M.Si., pada saat membuka kegiatan perlombaan kuliner khas Kalimantan Barat beberapa waktu yang lalu   diharapkan dengan perlombaan ini dapat menggali makanan-makanan tradisional yang ada di Kalimantan Barat.