BPNB Prov. Kalbar Ramaikan Pameran pada Festival Budaya Kalimantan Barat

0
108
Stand Pameran Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Kalimantan Barat pada Festival Budaya Kalimantan Barat Tahun 2022

Pameran budaya merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat pada Festival Budaya Kalimantan Barat Tahun 2022. Beragam karya budaya, hasil olahan, serta kajian di pamerkan pada pameran yang berlangsung selama 2 hari bertempat di Museum Negeri Kalimantan Barat, pada tanggal 12-13 November 2022.

Terdapat 25 stand yang ikut berpartisipasi pada kegiatan pameran budaya pada Festival Budaya Kalimantan Barat Tahun 2022 tersebut, diantaranya Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Kalimantan Barat, Kerukunan Keluarga Kawanua Manado Sulawesi Utara, Perkumpulan Basudara Maluku, Himpunan Masyarakat Nias Indonesia, Keluarga Batak Islam Saroha,  Forum Komunikasi Kerukunan Masyarakat Kepulauan Riau, SMK Negeri 5 Pontianak, SMK Negeri 1 Sungai Raya Kab. Kubu Raya, SMK Negeri 1 Sungai Kakap Kab. Kubu Raya, dan sebagainya.

Sesuai dengan tema yang diangkat pada Festival Budaya Kalimantan Barat Tahun 2022 yaitu “Bangga Berbudaya”, maka dalam pameran ini BPNB Provinsi Kalimantan Barat menampilkan koleksi yang ada diantaranya kain tenun tradisional, buku-buku hasil kajian penelitian BPNB Kalimantan Barat baik sejarah dan budaya, alat musik tradisional, permainan tradisional, dan sebagainya. Selama berlangsungnya pameran ini, masyarakat yang mengunjungi stand BPNB Provinsi Kalimantan Barat sangat antusias sekali ingin mengetahui koleksi yang ditampilkan.

Pada waktu yang bersamaan, kegiatan pameran ini dirangkai dengan parade busana adat dari berbagai etnis dan busana kreasi yang ditampilkan oleh paguyuban dan pelajar sekolah SMA/SMK se Kalimantan Barat.  Kegiatan ini dibuka oleh Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., bertempat di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat.