Mobil Film Keliling BPNB Bandung

0
868

DSCF5163

Tahun 2013 yang lalu, BPNB Bandung mendapat mandat untuk memberdayakan dua unit mobil film keliling Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dua unit mobil tersebut difungsikan untuk penayangan film-film yang bertemakan pendidikan dan kebudayaan. Film yang ditayangkan diperoleh dari berbagai macam sumber, baik film bioskop, film produksi daerah maupun film produksi BPNB Bandung sendiri. seluruh film tersebut dibedakan atas dua jenis yaitu film seluloid dan film digital. Dua mobil film keliling di BPNB Bandung telah mampu menayangkan film dari dua sumber atau jenis film tersebut, yaitu satu unit mobil khusus untuk penayangan film dengan menggunakan pita seluloid, sementara satu unit lagi telah menggunakan teknik digital.

Ada kelebihan dan kelemahan pada kedua teknologi tersebut. Kelebihan yang dimiliki pita seluloid adalah kemampuan menampilkan gambar pada layar yang lebih besar. Kelemahannya adalah pada tata cara pemutaran film yang sangat sulit serta tonase mobil yang lebih berat sehingga tim mobil film keliling sering mengalami kesulitan baik dalam hal perjalanan maupun dalam pelaksanaan penayangan film. Mobil film digital memiliki kelebihan dari segi bentuk mobil yang lebih ramping dan tonase lebih ringan serta tata cara pelaksanaan penayangan juga jauh lebih mudah dan ringkas. Kelemahannya adalah kualitas gambar yang tidak dapat mempergunakan layar lebar karena gambar menjadi tidak jelas.

Saat ini, BPNB Bandung hanya memiliki satu unit mobil film keliling tipe digital dan telah dipergunakan dalam beberapa kali kegiatan. Pada semester kedua tahun 2014, direncanakan akan memfungsikan kembali mobil film keliling untuk dipergunakan dalam kegiatan penayangan di lima kabupaten/kota dalam lingkup Provinsi Jawa Barat, yaitu. Kab. Indramayu, Kota Cirebon, Kota Tasikmalaya, Kab. Kuningan, dan Kota Bogor. Oleh karena itu beberapa persiapan dan perawatan mobil film keliling harus dilakukan agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan lancar, seperti memeriksa kembali slot-slot kabel sound system dan listrik, generator listrik (genset), infocus, dan layar. Tidak lupa pula perawatan mobil film itu sendiri terutama pada bagian rem dan setir. Beberapa kejadian yang dialami supir mobil film keliling dalam perjalanan adalah sering timbul masalah pada bagian pengereman dan kendali mobil yang agak sulit mengingat proporsi berat yang cenderung berlebih pada bagian belakang.

BAGIKAN
Artikulli paraprakPeresmian Sanggar Tibelat
Artikulli tjetërBPNB Data WBTB Pringsewu