Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Jawa Barat
Jl. Cinambo No. 136 Ujungberung – Bandung 40294
Email: bpnbbandung@ymail.com
Telp./Fax: (022) 7804942

BPNB Jawa Barat dengan wilayah kerja meliputi Provinsi Jabar, DKI Jakarta, Banten, dan Lampung, menekankan pengkajiannya pada akulturasi, yaitu proses percampuran dua kebudayaan atau lebih yang saling bertemu dan saling mem-pengaruhi (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1990 : 18). Ini bermakna bahwa kesejarahan dan kenilaitradisionalan yang diamati dan atau dianalisis pada akhirnya dikaitkan dengan proses akulturasi.

BPNB Jawa Barat berdiri pada tanggal 4 Agustus 1989 dengan SK Mendikbud nomor 0486/O/1989 dengan nama Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional (BKSNT). BKSNT berubah menjadi Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional (BPSNT) dengan Permen Budpar tanggal 7 September 2006 nomor PM.38/OY.001/MKP-2006. BPSNT kemudian berubah menjadi Balai Pelestarian Nilai budaya (BPNB) Bandung dengan Permen Dikbud nomor 53 Tahun 2012. Pada tahun 2015, Berdasarkan Permen Dikbud No. 40 tahun 2015 tg 9 Oktober 2015, BPNB Bandung berganti nama menjadi BPNB Jawa Barat.

Berdasarkan Permen Dikbud RI No. 45 Tahun 2015 tanggal 9 Oktober 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja BPNB pada Bab I pasal 2, BPNB Jawa Barat mempunyai tugas melaksanakan pelestarian terhadap aspek-aspek tradisi, kepercayaan, kesenian, perfilman, dan kesejarahan di wilayah kerjanya.

Adapun fungsi BPNB Jawa Barat adalah:

  1. pelaksanaan pengkajian terhadap aspek-aspek tradisi, kepercayaan, kesenian, perfilman, dan kesejarahan;
  2. pelaksanaan pelindungan tradisi, kepercayaan, kesenian, perfilman,dan kesejarahan;
  3. pelaksanaan pengembangan tradisi, kepercayaan, kesenian, perfilman, dan kesejarahan;
  4. pelaksanaan pemanfaatan tradisi, kepercayaan, kesenian, perfilman, dan kesejarahan;
  5. pelaksanaan kemitraan di bidang pelestarian aspek-aspek tradisi, kepercayaan, kesenian, perfilman, dan kesejarahan;
  6. pelaksanaan pendokumentasian dan penyebarluasan informasi pelindungan, pengembangan, dan pemanfaatan aspek-aspek tradisi, kepercayaan, kesenian, perfilman, dan kesejarahan; dan
  7. pelaksanaan urusan ketatausahaan BPNB.

– Visi dan Misi

Visi BPNB Jawa Barat adalah menjadi pusat informasi kesejarahan dan kebudayaan lokal dalam upaya memperkokoh ketahanan sosial dan jatidiri bangsa.

Misi BPNB Jawa Barat adalah:

  1. Melaksanakan kajian dan pengembangan dalam rangka melestarikan nilai budaya
  2. Melaksanakan penyebaran informasi kepada masyarakat tentang nilai-nilai budaya
  3. Melaksanakan bimbingan edukatif dan teknis kepada masyarakat dalam rangka pelestarian nilai budaya

Kegiatan pelestarian kebudayaan yang dilakukan, antara lain:

  1. Pengkajian terhadap aspek-aspek nilai budaya, seni dan film, serta kesejarahan;
  2. Pendokumentasian dan penyebarluasan informasi (perekaman peristiwa sejarah dan budaya, pembuatan Peta Kebudayaan Indonesia, penerbitan Jurnal Ilmiah Patanjala, buku-buku referensi dan Bunga Rampai hasil kajian, pembuatan brosur/leaflet, slide, album, antologi, bibliografi);
  3. Inventarisasi dan dokumentasi karya budaya Indonesia/pencatatan warisan budaya takbenda;
  4. Sosialisasi serta bimbingan dan penyuluhan (penayangan dan diskusi film, bimbingan teknis pelestarian, lawatan sejarah, jelajah budaya/tradisi, lomba, festival, seminar, sarasehan, temu tokoh, dialog, diskusi, workshop);
  5. Pelayanan publik (perpustakaan, tujuan kunjungan, website.)

– Lain-lain

Sebagai pusat informasi tentang kesejarahan dan kebudayaan, BPNB Jawa Barat memiliki perpustakaan yang terbuka (sesuai dengan jam kerja) bagi masyarakat luas (Jalan Cinambo No. 136 Bandung 40294, Tlp/Fax. 022.7804942). Dilengkapi juga dengan website: kebudayaan.kemdikbud. go.id/bpnbjabar dan blog: bpsnt-bandung.blogspot.com.

– Struktur Organisasi BPNB Jabar