Pelestarian Kebudayaan adalah persoalan kompleks yang menuntut kesiapan pemerintah dan masyarakat untuk bekerjasama secara sinergis. Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Jawa Barat merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang mengemban, secara khusus, tugas teknis dalam bidang pelestarian aspek-aspek tradisi, kepercayaan, kesenian, perfilman, dan kesejarahan. Dalam melaksanakan tugasnya, BPNB Jawa Barat bertanggungjawab langsung kepada instansi vertikal di atasnya, yaitu Direktorat Jenderal Kebudayaan. Dalam kegiatannya, BPNB Jawa Barat sangat membutuhkan informasi dan partisipasi masyarakat dalam kerangka pelestarian nilai budaya. Dan, hasil kegiatan tersebut kemudian akan dikembalikan lagi kepada masyarakat melalui format pelayanan yang tersedia. Pelayanan yang diberikan kepada masyarakat didasarkan atas informasi kegiatan apa yang telah, sedang, dan akan dilakukan, yang dikemas dalam bingkai visi dan misi BPNB Jawa Barat, yaitu: kajian dan pengembangan pelestarian nilai budaya, penyebaran informasi nilai budaya, dan bimbingan edukatif/teknis kepada masyarakat dalam rangka pelestarian nilai budaya.

Kajian dan Pengembangan

Bentuk kajian dan pengembangan pelestarian nilai budaya yang dilakukan oleh BPNB Jawa Barat di antaranya terwujud dalam format :
1. Penelitian.
2. Pendataan.
3. Film dokumenter.

Dokumentasi dan Penyebaran Informasi

Kemasan dokumentasi dan penyebaran informasi pelestarian nilai budaya dalam wilayah kerja BPNB Jawa Barat terbagi dalam bentuk:
1. Penerbitan (cetak dan video)
2. Perpustakaan (hardcopy dan online).
3. Website dan blogspot.

Bimbingan Edukatif dan Teknis

Beberapa jenis kegiatan BPNB Jawa Barat yang bertema bimbingan edukatif dan teknis yaitu : penayangan dan diskusi film, bimbingan teknis pelestarian, lawatan sejarah, jelajah budaya/tradisi, lomba, festival, seminar, sarasehan, temu tokoh, dialog, diskusi, workshop, kemah budaya, dan gelar budaya.

LATEST POSTS

Berbisik: ”Seni Tradisional Karinding Menembus Dinding Global”

Berbisik: ”Seni Tradisional Karinding Menembus Dinding Global” Tanggal : Kamis, 9 Juli 2020 Pukul : 10.00-12.00 WIB Media Daring : https://www.youtube.com/BPNBJabar (LIVE) E-Sertifikat : http://bit.ly/ikutberbisiklagi Dikutip dari laman BPNB...
- Advertisement -