TIMBU

0
1758

 

 

            Timbu adalah salah satu jajanan khas tradisional bagi masyarakat Kabupaten Dompu. Jajanan ini terbuat dari bahan dasar beras ketan putih, campuran santan kelapa dan garam secukupnya agar terasa lebih gurih.

            Timbu sudah menjadi jajanan tradisional Dompu sejak tahun 60-an, orang-orang jaman dulu menyediakan timbu sebagai penganan yang wajib ada terutama ketika merayakan musim panen, acara selamatan/hari besar, sejak saat itu Timbu sudah menjadi jajanan yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Dompu.

            Ina Siti merupakan orang pertama yang menemukan cara pengolahan Timbu ini, dulu beliau bertempat tinggal di kebun di mana peralatan masak sangat terbatas dari keterbatasan itu beliau mencoba membuat makanan dari bahan seadanya, beliau meracik batangan bambu yang sudah dipotong sepanjang 5-40 cm, diameter sekitar 5-7 cm. Bambu tersebut dibersihkan terlebih dahulu dan daun pisang digunakan sebagai pembungkus beras dalam bambu. Beras Ketan putih tadi direndam, dibersihkan. Beras tadi dimasukkan ke dalam bambu, setelah itu masukan santan kelapa didalam bambu dan garam secukupnya. Timbu siap dibakar diatas bara api sampai matang.

            Sekarang Timbu sudah disajikan sumber mata pencaharian bagi masyarakat Dompu para pembuatnya kebanyakan tinggal di Kelurahan Bada Kabupaten Dompu.

 

Sumber : WBTB BPNB Bali, NTB, NTT 2011