PERMAINAN TRADISIONAL: GUAK NGALIH TALUH

0
4702

Permainan guak ngalih taluh diperkirakan muncul sekitar abad 16-19. Permainan ini merupakan jenis permainan untuk anak-anak di bawah usia antara 4-6 tahun.

Sebelum masyarakat mengenalkan pendidikan formal kepada anak-anak, mereka terlebih dahulu mengenalkan pendidikan informal melalui sistem bermain. Minat belajar anak-anak mulai diarahkan dengan sarana permainan. Dengan sistem bermain ini, anak-anak mulai diperkenalkan dengan berhitung, ketrampilan serta ketekunan menghargai hak-hak orang lain.

New Picture (1)
Ilustrasi Permainan Guak Ngalih Taluh

Dasar-dasar permainan dalam guak ngalih taluh cukup sederhana karena pemainan ini khusus untuk anak-anak yang belum memasuki bangku sekolah. Para pemain sudah diarahkan untuk berusaha mencari kemenangan. Dasar-dasar kompetitif mulai diperkenalkan. Tetapi dasar-dasar ini belum begitu kelihatan karena untuk menarik minat anak unsur hiburan yang lebih ditonjolkan. Selain itu anak-anak mulai ditananamkan rasa tanggung jawab, tenggang rasa dan toleransi sebagai sikap dasar untuk bergaul.

Melalui permainan ini diperkenalkan nama bilangan. Dari satu sampai 10 dan diteruskan pada bilangan yang lebih tinggi. Dengan cara bermain, anak-anak dituntun untuk mengucapkan nama bilangan dengan tepat dan benar. Pengawas (pembimbing) dalam permainan ini adalah para kakak dari anak-anak yang sedang bermain. Bahkan tidak jarang para orang tua ikut mengawasi dan membimbing anak-anaknya. (WN)

Sumber: WBTB BPNB Bali, NTB, NTT Tahun 2012