[Daring] Membuat Kuliner Tradisional Jaja Bendu Bersama Chef Alit

0
551

Balai Pelestarian Nilai Budaya Bali kembali menggelar kegiatan daring melalui kanal youtube Bpnb Bali pada Selasa (5/5/20). Pada kesempatan tersebut, materi daring diisi dengan membuat kuliner tradisional Bali jaja bendu. Praktek membuat kuliner jaja bendu yang ditayangkan secara livestreaming di kanal youtube BPNB Bali langsung dipandu oleh Chef I Made Alit Hermawan. Chef Alit merupakan anggota dari ICA (Indonesian Chef Association) BPC Tabanan.

Jaja bendu sendiri merupakan hidangan khas tradisional Bali yang termasuk ke dalam kue basah berbahan dasar tepung ketan. Jaja bendu disajikan secara khusus pada saat ada acara adat di Bali. Seperti misalnya pernikahan dan potong gigi. Jaja ini disuguhkan sebagai kudapan untuk para tamu yang menghadiri acara tersebut.

Di Bali sendiri jaja bendu pada mulanya begitu populer di wilayah Bali Barat yaitu di Kabupaten Jembrana dan Kabupaten Tabanan. Namun saat ini sudah merambah wilayah Bali secara keseluruhan. Dari masa ke masa jaja ini telah mengalami banyak modifikasi. Meski demikian kuliner ini tetap menjadi favorit masyarakat Bali pada umumnya. Lalu bagaimana cara membuat jaja bendu? Secara lebih lengkap dapat dilihat melalui link berikut ini: https://www.youtube.com/watch?v=BrxSgicLX_s . Selamat mencoba Sahabat Budaya. (WN)